PRAKTIK SOSIAL NYETHE PENGUNJUNG WARUNG KOPI DI TULUNGAGUNG

  • SITI ZURNGATUL K

Abstract

Abstrak
Nyethe merupakan bagian dari budaya minum kopi di Tulungagung yaitu memberi ampas kopi (cethe) pada rokok. Nyethe sudah menjadi kebiasaan masyarakat Tulungagung, khususnya pecinta kopi dan rokok. Mereka melakukan aktivitas nyethe di warung kopi. Pengunjung warung kopi pun tidak terbatas dari kalangan tertentu, akan tetapi semua kalangan bisa berkunjung ke warung kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik sosial nyethe pengunjung warung kopi di Tulungagung. Untuk menjawab permasalahan diatas, teori yang digunakan adalah teori strukturalis genetis yang dikemukakan oleh Pierre Bourdieou. Teori strukturalis genetis menyinergikan antara habitus, ranah dan modal sehingga menghasilkan praktik sosial. Hasil penelitian menjelaskan bahwa habitus nyethe pengunjung warung kopi terbentuk dari proses sosialisasi dengan lingkungan pergaulan. Ranah dan ruang sosial untuk mengaktualisasikan habitus nyethe adalah dua warung kopi yang memiliki karakter berbeda yaitu cita rasa kopi dan pelayanannya. Modal yang paling berpengaruh terhadap kelangsungan praktik sosial nyethe adalah modal ekonomi, modal budaya, dan modal sosial. Wujud nyata praktik sosial nyethe terbagi dalam 3 kategori yaitu sarana mempererat hubungan sosial, sarana refreshing dan modus penyalahgunaan obat-obatan terlarang.
Kata Kunci: Praktik sosial, Nyethe, Warung Kopi.

Abstract
Nyethe is part of the coffee culture in Tulungagung that give greds of coffee (cethe) on cigarettes. Nyethe has become a habit Tulungagung society, especially coffee’s and cigarette’s lovers. They do nyethe activity in a coffee shop. Visitor of coffe shop are also unlimited from specifik society but all society can visit to coffe shop.This research aims to determine how social practices of nyethe visitors of coffe shop in Tulungagung. To answer the above problems, the theory used is genetic structuralist theory by Pierre Bourdieou. Genetic structuralist theory synergizing between habitus, arena and capital until resulting of social practice. This research uses descriptive qualitative method with approach genetic structuralist. The results explain that habitus of nyethe the visitors of coffee shop formed from the socialization process milieu. Arena and social space to actualize habitus of nyethe are two coffee shops that have different characters that coffee taste and servants. Capital that most affect the continuity social practices of nyethe is economic capital, cultural capital, and social capital. Synergizing between habitus of nyethe, arena and capitals are resulting social practices of nyethe. Real form of social practice of nyethe divided into 3 categories: a means to strengthen social relationships, means of refreshing and mode of drug abuse.
Keywords: Social Practice, Nyethe, Coffee Shop.

Published
2013-08-28
How to Cite
ZURNGATUL K, S. (2013). PRAKTIK SOSIAL NYETHE PENGUNJUNG WARUNG KOPI DI TULUNGAGUNG. Paradigma, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/4105
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 146