KONSTRUKSI “ PEREMPUAN CANTIK” DI KALANGAN SISWI SMAN 1 SOOKO MOJOKERTO

  • OVY NITA CHRISTANTI

Abstract

Abstrak

Kecantikan dan perempuan adalah satu hal yang tidak dapat dipisahkan. Kecantikan perempuan sering digambarkan dengan kulit yang putih, bersih, dan memiliki paras yang menawan. Ini menjadikan suatu keresahan bagi sebagian perempuan, tanpa terkecuali remaja yang masih berstatus sebagai siswi SMA.  Penelitian ini bertujuan untuk melihat konstruksi cantik yang ada di kalangan siswi SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi Alfred Schutz. Lokasi penelitian berada di SMAN 1 Sooko Mojokerto. Subjek penelitian dipilih dengan menggunakan sistem purposive. Teknik analisis data yang digunakan yaitu melalui reduksi data, kemudian penyajian data dan yang terakhir verifikasi data yang mengacu pada teori konstruksi sosial Peter L. Berger dan teori posfeminis untuk menunjukkan realitas kecantikan yang ada pada kalangan siswi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswi mengkonstruksi kecantikan digambarkan dengan perempuan yang memiliki innerbeauty dan kharisma yang dimiliki oleh setiap individu, sifat narsisme juga ditunjukan oleh siswi dalam memaknai kecantikan.

Kata Kunci : konstruksi,cantik, siswi SMA

Abstract

Beauty and women is one thing that can not be separated. Beauty women often portrayed with white skin, clean, and has a charming face. This makes an anxiety for some women, without exception teenagers still a high school student. This study aims to look beautiful construction that exists among high school students. This research uses descriptive qualitative method with Alfred Schutz's phenomenological approach. Research sites are in “SMAN 1 Sooko Mojokerto”. Subjects selected using purposive system. The data analysis technique used is through data reduction, then the presentation of the final verification of the data and the data refers to the theory of social construction of Peter L. Berger and posfeminis theory to demonstrate the reality of beauty is in the student. The results showed that students construct beauty portrayed by women who have innerbeauty and charisma possessed by every individual, the nature of narcissism was also demonstrated by the student in defining beauty.

 

Key Word : construction, beauty, girl student of Senior High School

Published
2013-08-28
How to Cite
NITA CHRISTANTI, O. (2013). KONSTRUKSI “ PEREMPUAN CANTIK” DI KALANGAN SISWI SMAN 1 SOOKO MOJOKERTO. Paradigma, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/4108
Abstract Views: 109
PDF Downloads: 71