PATRON-KLIEN PEKERJA PABRIK ROKOK WISMILAK BOJONEGORO

  • SITI MUSLIMAH

Abstract

Abstrak
Interaksi antara buruh dan mandor di pabrik rokok Wismilak Bojonegoro tidak hanya terjadi di lingkungan kerja. Ditunjukkan dengan fenomena silahturahmi antar pekerja. Penelitian ini akan memberikan gambaran mengenai hubungan patron-klien pada buruh dan mandor. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah patron-klien dari James C. Scott. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi Alfred Schutz. Lokasi penelitian di Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro. Hasil penelitian ini memaparkan perlindungan yang diberikan mandor berupa reward kepada buruh/anak buah mereka agar lebih bersemangat dalam bekerja. Sedangkan buruh juga memberikan loyalitas mereka melalui bantuan tenaga serta kepedulian.
Kata Kunci : Buruh, Mandor Dan Hubungan Patron Klien
Abstract
The interaction between workers and foremen in the Wismilak cigarettes factory Bojonegoro is not only occurring in the work environment. Shown by the phenomenon of “silahturahmi”. This study will provide an overview of the patron-client relationship on workers and foremen. The theory used in this research is the patron-client of James C. Scott. The method used was qualitative with the approach of the phenomenology of Alfred Schutz. Research locations in district of Bojonegoro regency Baureno. The results of this research exposes the protection provided in the form of reward to labour foreman/servants to be more spirit in their work. While labour also give their loyalty through the aid effort and concern.
Keywords: Labour, Foreman And The Relationship Of The Patron Client

Published
2013-08-28
How to Cite
MUSLIMAH, S. (2013). PATRON-KLIEN PEKERJA PABRIK ROKOK WISMILAK BOJONEGORO. Paradigma, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/4109
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 27