STRUKTURASI PERUBAHAN PENDIDIKAN PESANTREN DI MADURA(Fenomena Perubahan Pendidikan Pesantren Darussalam Al-Faisholiyah di Sampang Madura)

  • ABDUL WADI

Abstract

Abstrak
Seiring perkembangan ilmu pengetahuan, pondok pesantren yang semula hanya menyuguhkan aktifitas-aktifitas keagamaan kini mulai membuka diri terhadap perubahan. Penelitian ini berusaha mengkaji strukturasi perubahan pendidikan pesantren Darussalam Al-Faisholiyah yang awalnya pesantren dengan sistem salafiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi Edmund Husserl. Teori yang digunakan adalah teori strukturasi Anthony Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perubahan bentuk pendidikan di pondok pesantren Darussalam Al-Faisholiyah dari sistem pesantren tradisional menjadi pesantren yang integrative. Yaitu, dengan mengombinasikan sistem pendidikan pesantren salaf dan sistem pendidikan modern pada aspek kelembagaan, kurikulum dan modifikasi pembelajarannya. Perubahan tersebut adalah sikap keterbukaan pondok pesantren Darussalam dalam beradaptasi dengan perkembangan pendidikan dan perubahan sosial.
Kata Kunci: Pondok Pesantren, Strukturasi, Perubahan pendidikan.


Abstract
Along with the development of science, which was originally a boarding school presents only religious activities are now beginning to open up to change. This study examines the changes structuration pesantren Al-Faisholiyah Darussalam initially boarding with salafiyah system. This study is a qualitative study with Edmund Husserl's phenomenological approach. The theory is the theory of structuration Anthony used data obtained through observations, interviews and documentation. Results of this study indicate a change in the form of education in boarding school Darussalam Al-Faisholiyah of traditional pesantren system into pesantren are integrative. Namely, by combining salaf pesantren education system and modern education system on the institutional aspects, curriculum and lesson modification. The change is the attitude of openness Darussalam boarding school in adapting to the development of education and social change.
Keywords: Boarding Schools, Structuration, Educational Change.

Published
2013-08-28
How to Cite
WADI, A. (2013). STRUKTURASI PERUBAHAN PENDIDIKAN PESANTREN DI MADURA(Fenomena Perubahan Pendidikan Pesantren Darussalam Al-Faisholiyah di Sampang Madura). Paradigma, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/4111
Abstract Views: 102
PDF Downloads: 124