Pola Keterlibatan Orang Tua Terhadap Korban Perundungan di Sekolah

  • Ema Novrida Abdullah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

 

Bullying ialah tindakan yang dilakukan oleh seseorang individu mapun dilakukan oleh sekelompok individu yang bersifat untuk melukai seseorang berbentuk fisik maupun non fisik yang memiliki dampak ketraumaan yang sangad signifikan. Macam-macam bullying dapat dibagi menjadi beberapa, yakni bullying verbal, bullying fisik, dan rasional. Perundungan merupakan tindakan budaya yang dilakukan di dalam dunia pendidikan. Tujuan melakukan penelitian ini untuk mengidentifikasi peran orang tua dan pola keterlibatan orang tua terhadap korban bullying. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, karena sebagai upaya identifikasi permasalahan dan dapat diinterpretasi makna dan proses tindakan dalam keterlibatan orang tua dalam bullying sekolah secara mendalam. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini, yakni menggunakan teori keluarga sebagai fungsionalisme strutura. Hasil penelitian berupa tindakan bullying fisik dan verbal, verbal dilakukan dengan saling olok-mengolok dan fisik berupa pemukulan kayu balok pada bagian paha. Peran orangtuanya saat bullying mengutarakan sebuah permasalahan yang didapat anaknya kepada orang tua pelaku bullying. Selain itu, peran orang tua dalam penanganan bullying melakukan pelaporan kepada pihak sekolah, dan mendapatkan dukungan secara emosional yakni dengan memberikan dukungan anak ketika masih mendapatkan perlakuan kekerasan disekolah, orang tua menganjurkan untuk membalas perlakuannya kepada sang pelaku bullying.

Kata kunci : Bullying, Talcott parson, Fungsionalisme Struktural

     

 

 

Bullying is an action carried out by an individual or by a group of individuals that is intended to injure someone in the form of physical or non-physical which has a very significant traumatic impact. Types of bullying can be divided into several, namely verbal bullying, physical bullying, and rational bullying. Bullying is a cultural act carried out in the world of education. The purpose of conducting this research is to identify the role of parents and the pattern of parental involvement in victims of bullying. This study uses a qualitative method with a phenomenological approach, because as an effort to identify problems and can be interpreted the meaning and process of action in the involvement of parents in school bullying in depth. The theory used in this research is family theory as structural functionalism. The results of the research were in the form of physical and verbal bullying actions, verbally carried out by making fun of each other and physically in the form of beating wooden blocks on the thighs. The role of parents when bullying expresses a problem that their child gets to the parents of the bully. In addition, the role of parents in handling bullying is reporting to the school, and getting emotional support, namely by providing support for children when they are still being treated for violence at school, parents recommend reciprocating their treatment of the bully.

Keywords : Bullying, Talcott parson, Structural Functionalism

Published
2023-06-14
How to Cite
Abdullah, E. (2023). Pola Keterlibatan Orang Tua Terhadap Korban Perundungan di Sekolah. Paradigma, 12(2), 61-70. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/52827
Abstract Views: 182