PRAKTEK NEPOTISME PEREKRUTAN TNI

  • NOVITA DWI ERDIANTO

Abstract

Abstrak

Sebagai alat negara, TNI Angkatan Laut memiliki standart yang telah ditentukan dalam proses penerimaan anggota. Begitu banyaknya masyarakat yang berminat menjadi anggota TNI menjadikan proses tersebut mengandung persaingan yang cukup ketat. Persaingan ini dinilai sarat akan praktek nepotisme, oleh karena itu penelitian ini membahas tentang praktek nepotisme perekrutan tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktek nepotisme perekrutan calon anggota TNI Angkatan Laut ini berlangsung. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data secara observasi dan didukung dengan hasil wawancara. Dari hasil wawancara diketahui ada empat unsur yang berperan dalam praktek nepotisme ini. Unsur yang pertama adalah trust kepercayaan, aktor yang berperan, kekuasaan dan imbalan. Kepercayaan merupakan modal awal hubungan antara peserta dan oknum TNI yang membantunya dapat terjalin. Sedangkan aktor yang berperan melibatkan peserta dan oknum TNI baik yang bertugas menjadi panitia secara langsung maupun tidak dengan menggunakan tiga pola, yaitu pola kedekatan, pola pemanfaatan modal ekonomi dan pola penipuan. Dalam hubungan yang terjalin terdapat relasi kuasa yang mengikat. Dalam hubungan ini terdapat imbalan yang dipertukarkan baik secara intrinsik maupun ekstrinsik.

Kata kunci : nepotisme, rekruitmen TNI AL

Abstract

As an instrument of state, the indonesian navy has a standard in the process of admission of members. So many people are interested in becoming a member of the indonesian military has made the process containing tough competition. This competition rated laden will practice nepotism, therefore this research talk about practices nepotism recruitment. The purpose of this research is to find how to practice nepotism candidates for members of the Indonesian Navy this goes. In this study using a descriptive qualitative methods with technique adoption of data in observation and supported with interview. From the interview find there are four elements that play a role in the practice of nepotism. The first element is trust, actor, powers and reward. Trust is initial capital of the relation between participants and army soldier who helped it could be entwined. actor who played imortant roles involving member and army soldier who served as committee directly or not by using three patterns, patterns of proximity, economic capital utilization patterns and patterns of fraud. In a relation which is interwoven there is a mutual power of attorney that bind. In this relationship there are reward for which it is interchangeable are intrinsically and extrinsically.

Keywords: nepotism, recruitment of indonesian navy


Published
2014-01-22
How to Cite
DWI ERDIANTO, N. (2014). PRAKTEK NEPOTISME PEREKRUTAN TNI. Paradigma, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/6559
Abstract Views: 196
PDF Downloads: 205