POLA INTERAKSI SIMBOLIK PECINTA K-POP DALAM KOMUNITAS KOREAN LOVERS DI SURABAYA (KLOSS)

  • ERIN WAHYUASTRI

Abstract

Abstrak

Surabaya, memiliki komunitas pecinta Korea. Pada mulanya komunitas ini dibentuk melalui grup pada situs jejaring sosial Facebook. Grup ini bernama KLOSS Community (Korea Lovers Surabaya Community). KLOSS Community dibentuk sebagai wadah bagi yang menyukai Korea. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola interaksi simbolik pecinta K-Pop pada komunitas Korean Lovers Surabaya (KLOSS). Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan interaksionisme simbolik yang berusaha memahami perilaku manusia dari sudut pandang subjek.  Hasil dari penelitian yang didapatkan yaitu di dalam KLOSS terdapat dua jenis K-Popers yaitu Pro dan Newbie. Untuk mengetahui pola iteraksi simbolik KLOSS, digunakan teori interaksionisme simbolik yang dibagi menjadi dua yaitu simbol verbal dan non-verbal. Dari situ ditemukan banyak simbol-simbol yang digunakan oleh para K-Popers dalam berinteraksi. Di dalam KLOSS terdapat interaksi simbolik yang terjadi baik itu sesama Newbie, sesama Pro dan Newbie dengan Pro. Dan ditemukan bahwa interaksi yang terjalin antara Newbie dengan Pro cenderung tidak seimbang karena adanya perbedaan persepsi mengenai K-Pop.

Kata kunci: KLOSS, interaksionisme simbolik

 

Abstract

Surabaya has community who loved Korean style. From the beginning, this community build by a group in a sosial network. KLOSS build for a fans of Korean. This study aims to determine the pattern of interactionisme simbolic Korean lovers in the KLOSS community. This qualitative study uses simbolic interactionisme approach that seek to understand human behavior from the point of view of the subject. The result of study got in the KLOSS community there are two kinds of K-Popers, they are Pro and Newbie. To study a kind of interactionisme simbolic KLOSS use interactionisme simbolic theory that’s separate into two simbols, verbal and non-verbal. Until they found a simbol that used by the K-Popers to interacted. In KLOSS there are simbolic of interactions that occur both fellow newbie, fellow pro, and newbie to pro. And we found that the interaction that exists between a newbie and pro tend not balanced because the differences perception of K-Pop.

Key Words: KLOSS, symbolic interactionisme

Published
2014-01-28
How to Cite
WAHYUASTRI, E. (2014). POLA INTERAKSI SIMBOLIK PECINTA K-POP DALAM KOMUNITAS KOREAN LOVERS DI SURABAYA (KLOSS). Paradigma, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/6854
Abstract Views: 222
PDF Downloads: 188