KONSTRUKSI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS TERHADAP PENGGUNAAN ANGKUTAN UMUM DI KABUPATEN SIDOARJO

  • MUHAMAD RIZKI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, memahami dan menjelaskan kontruksi sosial penyandang disabilitas terhadap penggunaan angkutan kota di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Sidoarjo karena banyaknya penyandang disabilitas, yang kini beralih menggunakan sepeda motor dari pada menggunakan angkutan umum untuk melakukan mobilitas dan aktivitas dalam kesehariannya. Penelitian ini menggunakan kajian pustaka Peter L. Berger sebagai pisau analisis data. Metode penelitian ini bersifat kualitatif, dengan teknik analisis yang dilakukan menggunakan teknik identifikasi tahap eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah para penyandang disabilitas yang  mulai meninggalkan angkutan kota sebagai alat transportasi mereka untuk melakukan aktivitas dan mobilitas. Dengan keterbatasan fasilitas untuk penyandang disabilitas pada angkutan umum, kini mereka mulai beralih menggunakan kendaraan pribadi. Pelayanan yang buruk dan diskriminatif juga menjadi faktor penting bagi penyandang disabilitas. Selain itu biaya akomodasi yang terlalu tinggi membuat para disabilitas beralih ke kendaraan pribadi. Dengan sedikit modifikasi yang dilakukan, para penyandang disabilitas merasa lebih nyaman mengguanakan kendaraan pribadi dari pada menggunakan angkutan umum. Dengan dukungan SIM D yang mereka terima, angkutan umum kini tidak lagi mereka andalkan sebagai alat transportasi utama.

Kata Kunci: Konstruksi sosial, Disabilitas, Angkutan Kota.

 

Abstract

This research aims to know, understand and describe the social construction of disability persons with the use of the city transport in Sidoarjo. This research was carried out in Sidoarjo because of the many disabilities disability, now switch to using motorcycles instead of using public transport for the mobility and activities in her everyday. This research uses a literature review of Peter L Berger as a data analysis. This is qualitative research methods, techniques of analysis was done using the technique of identification of stages of externalization, internalization, and objektivation. The results obtained from this research is the disabilities disability who started leaving the city transport as their means of transportation to do activities and mobility. With limited facilities for persons with disability in public transport, they are now beginning to switch use private vehicles. The service is bad and discriminatory as well an important factor for persons with disability. In addition to accommodation costs are too high to make the disability switched to private vehicles. With a few modifications are made, the persons with disability feel more comfortable use of private vehicles on the use of public transport. With the support of a driving license for persons with disability (SIM D) they receive, public transport is now no longer rely on them as a primary means of transportation.

Keywords : Social construction , Disability, City transportation

 

Published
2014-01-28
How to Cite
RIZKI, M. (2014). KONSTRUKSI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS TERHADAP PENGGUNAAN ANGKUTAN UMUM DI KABUPATEN SIDOARJO. Paradigma, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/6864
Abstract Views: 145
PDF Downloads: 156