KONSTRUKSI SOSIAL PEKERJA LAKI-LAKI di BAWAH PIMPINAN PEREMPUAN di KOTA SURABAYA

  • PUTRIYANI R

Abstract

Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami kontruksi sosial pekerja laki-laki di bawah pimpinan seorang perempuan di kota Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan di kota Surabaya, karena kesetaraan gender di kota besar jauh lebih terasa dibanding tempat lain. Serta banyaknya perusahaan, organisasi, dan lembaga yang menempatkan perempuan pada posisi yang strategis. Penelitian ini menggunakan kajian teori konstruksi social Peter L. Berger dan pendekatan feminisme sebagai pisau analisis data. Metode penelitian ini bersifat kualitatif, dengan teknik analisis yang dilakukan menggunakan teknik identifikasi eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi. Temuan dan analisis data yang diperoleh dari penelitian ini adalah konstruksi sosial pekerja laki-laki yang positif terhadap adanya pemimpin perempuan di lingkungan kerjanya. Dengan beberapa sikap kepemimpinan yang dimiliki perempuan, menjadikan kaum hawa dapat diterima oleh kaum laki-laki di ranah publik. Bahkan untuk menjadi seorang pemimpin, kecerdasan intelektual menjadi faktor penting dalam proses penerimaan perempuan sebagai pemimpin. Sikap ketegasan yang ada pada pemimpin perempuan pun membuat sang pemimpin tersebut disegani bahkan oleh karyawan laki-laki. Serta kewibawaan yang ada dalam diri pemimpin perempuan adalah cermin dari organisasi yang dipimpinnya.

Kata Kunci: Konstruksi Sosial, Pekerja Laki-laki, Pemimpin Perempuan

Abstract

This research aims to know and understand the social construction of male workers under the leadership of a woman in the city of Surabaya. This research was carried out in the city of Surabaya, because gender equality in major cities much more noticeably than any other place. As well as a number of companies, organizations, and agencies that put women at a strategic position. This research used the study of the theory of social construction of Peter L Berger and approach to feminism as a data analysis. This is qualitative research methods, techniques of analysis was done using the technique of identification of externalization, objektivation, and internalization. The findings and analysis of the data obtained from this study is the social construction of male workers who are positive towards the presence of women leaders on the environment it works. With some of the attitudes of leadership that women, womenfolk made acceptable by the men in the public sphere. Even to be a leader, an intellectual intelligence to be an important factor in the process of acceptance of women as leaders. The attitude of firmness on women leaders were making the leader is respected even by male employees.  As well as the authority is inside leader male is a mirror of his organization.

Keywords: Social Construction, Workers Male, Female Leader. 

Published
2014-01-28
How to Cite
R, P. (2014). KONSTRUKSI SOSIAL PEKERJA LAKI-LAKI di BAWAH PIMPINAN PEREMPUAN di KOTA SURABAYA. Paradigma, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/6866
Abstract Views: 132
PDF Downloads: 122