MAHASISTRI (Identifikasi Relasi Gender dalam Akses Pendidikan Tinggi)

  • ALLAF DZIKRILLAH

Abstract

Abstrak

Keadaan dilematis dirasakan beberapa mahasiswi yang sedang mengakses pendidikan jenjang sarjana, di Prodi S1 Pendidikan Agama Islam Unipdu Jombang. Keadaan dilematis ini terkait keputusan mereka untuk menikah, sebelum proses pendidikannya berakhir. Hal ini berdampak pada relasi gender yang terbangun di antara keduanya.  Sehingga penelitian ini akan berfokus pada identifikasi relasi gender di antara mahasistri dan suaminya. Penelitian ini menggunakan proposisi teoritik mengenai relasi hierarkis dan kemitra-sejajaran dari Maria E Pandu, sebagai acuan untuk mengidentifikasi relasi gender yang ada. Metode yang digunakan yakni penelitian model kualitatif dengan pendekatan Gender And Development (GAD), yang memberikan perhatian pada keseluruhan aspek kehidupan perempuan, khususnya relasinya terhadap laki-laki. Subyeknya lebih berkonsentrasi pada mahasiswi yang telah menikah beserta suami, di Prodi S1 PAI Unipdu Jombang. Sedangkan teknik analisisnya menggunakan analisis gender model Harvard sebagai bentuk dari Gender Framework Analyze (GFA) yang mengacu pada akses, peran, kontrol dan manfaat. Hasilnya terdapat tiga bentuk relasi gender antara mahasistri dengan suami. Yakni relasi hierarki-patriarki; relasi hierarki-gender; dan relasi kemitrasejajaran. Ketiga bentuk relasi tersebut memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keberlanjutan akses mahasistri.

Kata Kunci : Mahasistri, Relasi Gender, Pendidikan tinggi, Unipdu Jombang

 

Abstract

The dilemmatic condition are felt by some of woman college student access scholar education level in Progamme Study of Islamic Religious Education in Unipdu Jombang. Related to marry, their decision before the process ends. That condition impact to gender awakened on relation between both. So this research will focus on gender identification relation between “Mahasistri”(Collage Student with wife status) and her husband. This research using a proposition theory about relation hierarchical and equal-partner by Pandu as a reference to identify gender relationships. The method used that is research model qualitative with the approach of Gender and Development (GAD), give attention to all the aspects of women life especially relations with mens. The subject is more concentrated on a woman college student who has been married and husband, in Progamme Study of Islamic Religious Education in Unipdu Jombang. While the analysis technique using Harvard Gender Model as a form of Gender Framework Analyze (GFA) referring to access, a role, control and benefits. As a result there are three the form of a relation between a Mahasistri and the husband. Namely relation hierarki-patriarki; a relation hierarki-gender; and relation equal-partner. The third form of a mutual relation to exert an influence that significantly to continued access to a mahasistri.

Keywords: Mahasistri, Relation of gender, Collage, Unipdu Jombang

 
Published
2014-01-29
How to Cite
DZIKRILLAH, A. (2014). MAHASISTRI (Identifikasi Relasi Gender dalam Akses Pendidikan Tinggi). Paradigma, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/6919
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 40