Hubungan antara Orang Tua dan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • DAWUD IMANUDIN

Abstract

Abstrak

PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak 0-6 tahun, fenomena maraknya (PAUD) yang kian hari kian meningkat pertumbuhannya membuat Pendidikan Anak Usia Dini menerapkan biaya yang sangat mahal, di samping maraknya Pendidikan PAUD yang mahal ada salah satu PAUD yang di selenggarakan gratis yaitu TAPAS (Taman Pendidikan Anak Sholeh) yang ada Di Kota Mojokerto,  Desa Gedeg, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, Melalui metode “agama dan bermain merupakan metode belajar yang terbaik bagi anak”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pertukaran antara orangtua dengan lembaga TAPAS. Blau mengutarakan bahwa interaksi sosial yang dilakukan selalu didasarkan pada reward intrinsik dan reward ekstrinsik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. lokasi penelitian yaitu di Desa Gedeg, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto. Subyek dalam penelitian ini adalah ustadzah, wali Santri, pengurus dan donatur yang terdapat TAPAS, data diperoleh melalui participant observert, in-depth interview. Dalam penyelenggaraannya, Pengelolaan TAPAS dapat berjalan dengan adanya 4 (empat) pilar : Ustadzah, Wali Santri, Pengurus, dan Donatur. Dengan adanya empat pilar yang saling mendukung tersebut, sampai sekarang TAPAS dapat berjalan dengan baik. Ada beberapa bentuk pertukaran sosial yang terjadi antara orangtua dengan lembaga PAUD di TAPAS. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan bahwa terjadi pertukaran sosial antara orangtua dengan lembaga TAPAS. Pertukaran ini diawali dari ketertarikan sosial orangtua dengan lembaga yang didasarkan pada reward instrinsik dan reward ekstrinsik. Pertimbangan dalam bertingkah laku didasarkan pada sistim nilai individu dan nilai lingkungan sosial.

Kata kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Pertukaran sosial, Reward Intrinsik, Reward Ekstrisik 

Abstract

PAUD is a development effort that is aimed at children from birth to the age of 6 years. Phenomenon (PAUD) that were increasingly increased growth makes Early Childhood Education apply a very expensive cost, in addition to the rise of early childhood education is expensive at this time there is one free early childhood which was held that TAPAS (Park Pious Child Education) existing in Mojokerto, precisely in the village of Gedeg, districts Gedeg, Mojokerto, through the method of "religion and play is a method of learning is best for the child". The purpose of this study was to determine the relationship between a parent exchanges with institutions in the TAPAS. Blau argues that social interaction is always based on intrinsic rewards and extrinsic rewards.This study used qualitative methods with phenomenological approach. This study took place in the village of Gedeg, districts Gedeg, Mojokerto,. Subjects in this study were Ustadzah and Parents of Santri contained in the Village School TAPAS Gedeg, Mojokerto. The data obtained through participant observer, in-depth. In the implementation, management TAPAS can run with the four pillars: Teacher (Ustadzah), Parents (Parents of Santri), the Board, Donors. With the four pillars that are supporting each other, until now TAPAS can run and the teaching learning process well, support each other to make TAPAS growing. There are several forms of social exchange that occurs between parent and early childhood institutions in TAPAS. In this study, researchers found that social exchange takes place between parent and TAPAS institutions. The exchange begins with the parents of interest in social institutions based on intrinsic rewards and extrinsic rewards. Considerations in behavior based on individual values ??and value system of the social environment.

Keywords: Early Childhood Education, Social Exchange, Extrinsic Reward, Intrinsic Reward.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-05-14

How to Cite

IMANUDIN, D. (2014). Hubungan antara Orang Tua dan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Paradigma, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/7835
Abstract views: 96 , PDF Downloads: 104