PRAKTEK KONSUMTIF MAHASISWA BIDIK MISI (Studi Mahasiswa Bidik Misi 2010, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Surabaya)

Authors

  • RETNO DIAN PUTRI ANGGRAINI

Abstract

bkan perindustrian semakin berkembang ditandai dengan meningkatnya pusat-pusat hiburan, perbelanjaan dan restoran-restoran cepat saji di Surabaya. Dalam proses adaptasi di kota Surabaya, mahasiswa bidik misi angkatan 2010, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Surabaya turut memilih sebagai trendsetter yang sesuai karakter pribadinya, sehingga mereka sekarang ini telah menjelma sosok yang lebih modern dengan dandanan yang glamour, baju yang bermerek, belum lagi gadget keluaran terbaru . Pemandangan yang high class ditampilkan dari wajah-wajah mahasiswa bidik misi ini yang ingin menjadi pusat perhatian warna kampus di Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Surabaya, membuat mereka masuk ke dalam pola hidup yang konsumtif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran indeksikalitas praktek konsumtif mahasiswa bidik misi Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Surabaya dengan menggunakan metode etnometodelogi. Gaya hidup konsumtif yang dibangun oleh mahasiswa bidik misi ini terbagi menjadi dua kategori yaitu kelompok pencoba dan kelompok peniru. Dari temuan di lapangan, kedua kelompok tersebut menjadi sangat berbeda terlihat dari hasrat yang mendorong tindakan konsumtif  seperti membeli produk-produk prestisius yang terdiri atas pakaian dan gadget keluaran terbaru. Pola pikir borjuasi yang dikembangkan mahasiswa bidik misi ini menuntut adanya keseragaman tingkat status sosial, prestise dan memperbesar gengsi. Bagi mahasiswa bidik misi seperti ini merupakan jalan yang tepat untuk dapat ikut masuk ke dalam kehidupan kelompok sosial mereka.

 

Kata Kunci : Mahasiswa, Beasiswa Bidik Misi, Trendsetter, Konsumtif 

 

Abstract

 

As the development period, caused industry the more advance such as terracing entertainment centers, malls, and restaurant fast food in Surabaya. Process adaptation in Surabaya city , bidik misi students 2010, Faculty of Social Sciencess, State University of Surabaya join in choose as trendsetter appropriate personal character, so that now they have become figur modern with glamorous make up, branded clothes, not yet again new gadget. Phenomenon high class appeared from faces of bidik misi students want become center attention colour campus in Faculty of Social Sciencess, State University of Surabaya, make them fit into consumptive life. The purpose this reserch is to getting picture indexicalitas practices consumptive bidik misi students Faculty of Social Sciencess, State University of Surabaya with use method etnometodelogi. Consumptive lifestyle are built by bidik misi students is divided become two categories, they are attempter group and imitators group. From found data in field, two grups it become very different look from desire push their action consumptive like buying products prestigious such as clothes and new gadget. Bourgeois mindset developed by bidik misi students demand uniformity level social status, prestige, and increase prestigious. For bidik misi students like this is right street to get follow fit into life social groups their.

 

 

Keywords : Student , Scholarship Shutter Mission , Trendsetter , Consumerist

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-05-16

How to Cite

DIAN PUTRI ANGGRAINI, R. (2014). PRAKTEK KONSUMTIF MAHASISWA BIDIK MISI (Studi Mahasiswa Bidik Misi 2010, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Surabaya). Paradigma, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/7895
Abstract views: 62 , PDF Downloads: 56