Fenomenologi Belajar Di Kelas Science SMAK Frateran Surabaya

Authors

  • AGUSTINUS BERE

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang Kelas Science Di SMAK Frateran Surabaya dengan menggunakan pendekatan fenomenologi besutan Alfred Schtuz. Metode fenomenologi digunakan untuk menelisik motif-motif belajar peserta didik sebelum masuk dan menjadi siswa/siswi kelas science. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi peserta didik untuk masuk kedalam kelas science dilatar belakangi oleh dua aspek: Seperti, dorongan dari lingkungan sekitar dan motivasi pribadi. Mengingat siswa/siswi yang melakukan transformasi ilmu di sekolah terkait identik dengan etnis tionghoa. Maka orientasi utama mereka adalah bisnis dan eksistensi pendidikan menjadi prioritas yang kedua. Sehingga dari situlah keberadaan sebuah pengetahuan tidak menjadi prioritas utama. Sejak dibentuknya kebijakan pembelajaran terbaru yakni kelas science, rupanya mampu menyita banyak perhatian publik. Melalui hal tersebut dapat memberikan sebuah stimulus bagi pihak orang tua maupun anak untuk masuk kedalam kelas science besutan SMAK Frateran Surabaya. Lebih jauh, penelitian turut memaparkan dimensi Because Of Motif  dan In Order To Motif dari peserta didik kelas science Di SMAK Frateran Surabaya.

 

Kata kunci: Kelas Science, SMAK Frateran Surabaya, Fenomenologi Belajar.

Abstract  

This study examines the Science Classroom In SMAK Frateran Surabaya using a phenomenological approach made ??by Alfred Schtuz. Phenomenological methods used to browse the motives of learners before entering and being a student / science grader . The results showed that the orientation of students to go into science class background by two aspects encouragement from the surrounding environment and personal motivation. Given the student/student is doing in school science -related transformation is identical to the Chinese ethnic. So their main orientation is a business and educational existence becomes second priority. So that 's where the existence of a knowledge not a top priority. Since the establishment of the policy of new learning science class , apparently able to take a lot of public attention. Through it can provide a stimulus for the parents and children to get into science classes made ??by SMAK Frateran Surabaya. Furthermore, the study also describes the dimensions Because Of Motive and In Order To The motive of the science classroom learners SMAK Frateran in Surabaya.

Keywords: Scienceclass, SMAK Frateran Surabaya, Phenomenology Learning.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-05-16

How to Cite

BERE, A. (2014). Fenomenologi Belajar Di Kelas Science SMAK Frateran Surabaya. Paradigma, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/7902
Abstract views: 27 , PDF Downloads: 27