Praktik Konsumtif Mahasiswa Kangean di  Surabaya (Kajian Simulakra, Simulasi dan Hiperrealitas J.P. Baudrillard)

  • ACH. MARDANI

Abstract

Abstrak

Mahasiswa Kangean untuk melanjutkan pendidikannya harus pindah ke kota besar, karena di pulau Kangean tidak ada perguruan tinggi. Salah satu kota tujuan utama mahasiswa Kangean untuk melanjutkan pendidikannya adalah kota Surabaya. Penelitian ini meneliti tentang bagaimana praktek konsumtif mahasiswa Kangean di Surabaya. Dalam hal ini penulis mencoba menemukan dan menggambarkan bagaimana simulakra dan simulasi yang terjadi di Surabaya. berdampak pada hiperrealitas konsumsi mahasiswa Kangean pada barang-barang bermerk di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode Baudrillard, yakni dengan terlibat langsung pada arena penelitian melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini bersifat deksriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, mahasiswa Kangean yang melanjutkan kuliah dan tinggal di Surabaya beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggalnya, adaptasi ini juga terjadi pada aktivitas-aktivitas konsumsi baik barang maupun jasa. Mahasiswa Kangean menjadikan tubuh mereka sebagai arena simulasi-simulasi penggunaan barang-barang bermerk untuk mendapatkan kepuasan batin, prestise, dan penghormatan yang lebih dari lingkungan sekitarnya.       

Kata Kunci: Adaptasi, Praktik Konsumtif, Simulakra, Simulasi, Hiperrealitas

Abstract

Kangean student to continue their education must move to a big city , because in no Kangean island college . One of the main destinations for the students to continue their education Kangean is the city of Surabaya . This thesis examines how consumer practices Kangean student in Surabaya . In this case I tried to find and describe how simulakra and simulation that happened in Surabaya impact on student consumption hyperreality Kangean on branded goods in Surabaya . This study uses Baudrillard , by directly engaging in the research arena through observation and interviews . This research is descriptive qualitative . Based on the research that has been done , Kangean students who go to college and stay in Surabaya adapt to the neighborhood, this adaptation also occurs in the consumption activities of both goods and services . Students Kangean make their bodies as arenas simulations use branded goods to get inner satisfaction , prestige , and greater respect from the surrounding environment.

Keywords: Adaptation, Consumptive practice, Simulacra, Simulation, Hyperreality

 

Published
2014-08-20
How to Cite
MARDANI, A. (2014). Praktik Konsumtif Mahasiswa Kangean di  Surabaya (Kajian Simulakra, Simulasi dan Hiperrealitas J.P. Baudrillard). Paradigma, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/9071
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 163