MITOS DAN KRITIK DALAM IKLAN 3 (Analisis Semiologi Roland Barthes terhadap Mitos Kritis Iklan 3 Indie+)

  • TRI MARIYANTO
  • TRI MARIYANTO

Abstract

Abstrak

Tulisan ini membahas tentang mitos yang ada pada iklan provider 3 (Three). Iklan 3 merupakan iklan kritis dan peka terhadap permasalahan kehidupan masyarakat secara umum. Seperti iklan pada umumnya, iklan 3 berpatokan pada realitas tertentu demi memenuhi kebutuhan calon konsumen. Iklan 3 dianalisis menggunakan semiotika Roland Barthes dimana kunci pemikirannya adalah setiap objek dan simbol memiliki petanda dan penanda. Konsep tersebut dipengaruhi oleh Ferdinand de Saussure dan pada kelanjutannya Barthes mengembangkan konsep tersebut menjadi dua tingkat. Dua tingkat ini yang disebut Barthes sebagai denotasi dan konotasi. Iklan 3 seperti secara denotatif hanyalah iklan. Akan tetapi, secara konotatif iklan 3 memiliki ideologi. Ideologi yang ada pada iklan 3 adalah ideologi kritis. Tema yang diangkat adalah tentang keluhan jika membayangkan masa depan yang susah, kebutuhan yang sulit untuk dipenuhi dan bertahan, dan kekecewaan mendasar tentang janji masa depan. Iklan 3 secara kritis mengangkat persoalan seperti pakai duluan bayar belakangan seperti makan di warteg dan juga penampilan orang kantoran yang baik tetapi melakukan pekerjaan yang kurang penting. Iklan 3 meski kritis agaknya ia sangat utopis. Utopis dikarenakan bahwa sistem telah mengakar dan anak muda tidak akan lepas dari masa-masa bekerja dan kehilangan idealismenya. Iklan 3 tidak secara langsung berbicara soal kebebasan dalam pekerjaan melainkan dibungkus dengan kepentingan dagangnya yakni tentang layanannya. Terlepas dari utopis atau sifatnya yang mitologis, iklan 3 ada demi menciptakan masyarakat demokratis dalam memahami berbagai sisi kehidupan. Namun, masyarakat harus tetap kritis terhadap berbagai macam iklan sekalipun revolusioner ataupun menyenangkan.

Kata Kunci: Mitos, Utopis, Iklan 3   

Abstract

This paper discusses the myths that exist on the ad provider 3 (Three). 3 is an critisism advertisement and sensitive to the problems of community life in general. Such as advertising in general, 3 ads  based on the reality specificly to meet the needs of potential consumers. 3 ads were analyzed using the Roland Barthes semiotics in which the key idea is every object and symbol have a signifier and signified. The concept was influenced by Ferdinand de Saussure and then Barthes goes to develop the concept of signifier and signified into two levels. The two level is called Barthes as denotation and connotation. 3 ads as merely denotative advertising. However, connotation of 3 ads is ideologies. The ideology that existed at 3 ad is critical ideology. The theme is about a complaint if that is difficult to imagine the future, which is difficult to meet the needs and survive, and disappointment about the fundamental promise of the future. 3 ads critically raised the issue as use first and pay later like eat in warteg and also people that looks good but do the work that is less important. 3 ads although critisism ads presumably is very utopis. Utopian because that system has taken root and young children will not be separated from periods of work and loss of idealism. 3 ads do not speak directly about the freedom of the job but wrapped with the trade interests of its services. In spite from utopian or mythological nature, the 3 ads being in order to create a democratic society for understanding a variety of sides of life. However, the public must remain critical to the various kind of advertising and even revolutionaryor pleasant.

Keywords: Myth, Criticism, Utopian, Advertisement

Published
2014-08-20
How to Cite
MARIYANTO, T., & MARIYANTO, T. (2014). MITOS DAN KRITIK DALAM IKLAN 3 (Analisis Semiologi Roland Barthes terhadap Mitos Kritis Iklan 3 Indie+). Paradigma, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/9086
Abstract Views: 113
PDF Downloads: 124