(RE)PRODUKSI MODAL TENAGA PENDIDIK DI PAUD EL-FATH

  • DINA IMANUL KHOLIDAH

Abstract

Abstrak

Perkembangan dunia pendidikan semakin pesat. Hal tersebut ditandai dengan munculnya jenjang pendidikan anak usia dini dalam dunia pendidikan masyarakat saat ini. Jumlah PAUD yang semakin meningkat, perlu diimbangi dengan tenaga pendidik yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi modal-modal yang dimiliki oleh tenaga pendidik melalui teori modal Pierre Bourdieu. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pertaruhan modal yang terjadi diranah PAUD El-Fath. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi Edmund Husserl dan menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi sebagai pengumpul data. Penelitian ini dilakukan di PAUD El-Fath Sumenep dengan subyek penelitian tenaga pendidik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap tenaga pendidik memiliki modal dengan akumulasi yang berbeda-beda. Modal tersebut meliputi modal sosial, modal budaya, modal simbolis dan modal ekonomi. Perbedaan akumulasi modal yang dimiliki menyebabkan adanya pengklasifikasian tenaga pendidik menjadi dua, yakni tenaga pendidik profesional dan tenaga pendidik “just profession” (sekedar profesi). Keduanya melakukan pertaruhan modal di ranah pelaksanaan pembelajaran dan kegiatan rapat. Pertaruhan tersebut pada akhirnya menunjukkan adanya perebutan kekuasaan serta posisi dalam ranah PAUD secara keseluruhan.

Kata Kunci: Produksi dan Reproduksi Modal, Tenaga Pendidik, PAUD El-Fath.   

Abstract

The development of education is rapidly increasing. It is characterized by the emergence of early childhood education in today's world of public education. Increasing number of early childhood education, educators need to be balanced with quality. One hallmark quality educators is to have appropriate academic qualifications standards. This study aims to identify thes of which is owned by educators through of Pierre Bourdieu's theory of capital. In addition, this study also aims to determine the capital betting happens in the ECD El-Fath. This study uses a qualitative approach to phenomenology of Edmund Husserl and using observation, interview and documentation as data collectors. This research was conducted in early childhood El-Fath Sumenep with research subjects dieambil educators. This study shows that every educator has accumulated capital with different. The capital includes social capital, culture capital, symbolic capital and economic capital.. Differences owned capital accumulation led to the classification of teachers into two, namely professional educators and educators "just profession". Both do a capital stake in the realm of the implementation of learning and meeting activities. The betting in the end shows the struggle for power and position in the realm of early childhood education as a whole. Keyword: Production and Reproduction of Capital, Teacher, Early Childhood (ECD)

Published
2014-08-20
How to Cite
IMANUL KHOLIDAH, D. (2014). (RE)PRODUKSI MODAL TENAGA PENDIDIK DI PAUD EL-FATH. Paradigma, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/9089
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 24