Pola Rekrutmen Surveyor Pada Lembaga Survei PT.TNS Di Kota Surabaya

  • ENRICO JULIO G S

Abstract

Abstrak

Setiap industri berusaha menciptakan suatu produk-produk yang mengikut mode, dari adanya gejala-gejala tersebut maka muncul lembaga survei. Dalam survei produk, surveyor bertugas untuk mengetahui kemauan konsumen, menguji kelayakan suatu produk dan mengetahui tingkat kepuasan konsumen. Supervisor menggunakan jaringan sosial dalam merekrut surveyor. Peneliti mengkaji bentuk pola rekruitmen surveyor di lembaga survei PT. TNS. Penelitian ini menggunakan teori jaringan sosial James Coleman dan teori pertukaran sosial Peter Blau. Metode kualitatif dengan pendekatan jaringan sosial ini menjelaskan bahwa dalam proses jaringan sosial, minimal ada dua pihak yang terlibat yaitu trustor  dan trustee. Peneliti memiliki subjek yakni dua supervisor dan surveyor. Teknik dalam pemilihan informan yaitu dengan cara purposive yakni peneliti sudah menentukan informan yang dianggap cukup tahu dan peneliti menjadi participant as observer. Teknik pengumpulan data menggunakan dua cara yaitu primer dengan observasi dan in-dept interview. Teknik analisis data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini adalah pola rekruitmen surveyor di lembaga survei memanfaatkan jaringan sosial yang terbangun sejak lama dengan mengajak teman dan keluarga supervisor. Dalam pola rekruitmen surveyor, terdapat dua pihak yang berperan yaitu trustor dan trustee. Pertukaran sosial secara instrinsik antara supervisor yakni rekomendasi kerja, kepercayaan project, bantuan pengarahan dan profesionalitas surveyor. Sedangkan bentuk ekstrinsik gaji surveyor sesuai hak. Untuk surveyor, pertukaran instrinsik bekerja sesuai aturan, bekerja tepat waktu, dan menjaga komunikasi dan ekstrinsiknya adalah memberikan data yang valid.

Kata Kunci: Jaringan Sosial, Pertukaran Sosial dan Pekerja Survei. 

Abstract

Any industry trying to make a products who follow the fashion, of the symptoms the hence appears institution survey.In surveying products, surveyors on duty to know volition consumers, test the feasibility a product and determine the level of customer satisfaction. The supervisor use sosial networking in recruiting of a surveyor. Researchers to examine the form of a pattern rekruitmen surveyors in an institution survey PT.TNS. This research using the theory of sosial networking james coloman and the theory of sosial exchange peter blau. A method of qualitative with the approach of sosial networking this explains that in the process of sosial networks. There are at least two parties involved, namely trustor and trustee.Researchers have the subject, namely two supervisor and a surveyor.Engineering in the election of an informer namely by means of purposive namely researchers already determine an informant who is considered quite know and researchers into us participant observer. The technique of collecting data using two ways namely primary by observation and in-dept the interview.The technique of using a method of analysis of data triangulation.This research result is of many patterns rekruitmen surveyors in an institution survey use sosial networking who awakes for a long time with ask friends and family supervisor. In a pattern rekruitmen surveyors, there are two parties that play a role, namely trustor and trustee.Sosial exchange in instrinsik between the recommendations from the office, the supervisor trust project, assistance directive and professionalism of a surveyor.While the form of extrinsically salary surveyors appropriate rights. To a surveyor, exchange instrinsik work to the rules, work on time, and maintaining communication and ekstrinsiknya is to provide the data be valid.

Keywords : Sosial Network, Sosial Exchange and Workers Survey

Published
2014-08-22
How to Cite
JULIO G S, E. (2014). Pola Rekrutmen Surveyor Pada Lembaga Survei PT.TNS Di Kota Surabaya. Paradigma, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/9253
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 40