POLA INTERAKSI SOSIAL PELAKU USAHA HOME INDUSTRY BATIK ERNA DI KEL. SURODINAWAN KEC. PRAJURIT KULON KOTA MOJOKERTO

  • HIKMAH NUR ABIDAH

Abstract

Abstrak

Batik Tulis merupakan salah satu produk unggulan khas Kota Mojokerto yang diproduksi oleh para pengrajin batik rumahan. Salah satunya adalah home industry Batik Erna. Untuk terus mempertahankan dan meningkatkan eksistensinya di dunia usaha, para pelaku usaha dalam industri ini baik dari pengusaha, pekerja (pembatik) maupun pemerintah (Diskoperindag) menjalin relasi khas yang baik dan berkesinambungan. Relasi yang unik ini membuat antar pelaku usaha dapat memperoleh tujuan masing-masing dengan tanpa mengesampingkan kepentingan bersama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi Interaksionisme Simbolik Herbert Blumer dan dianalisis menggunakan teori Interaksi Sosial. Menurut Herbert Blumer, tindakan atau tanggapan aktor bukan hanya sekedar reaksi spontanitas belaka dari tindakan seseorang terhadap orang lain, melainkan didasarkan atas makna yang diberikan terhadap tindakan orang lain itu. Interpretasi itulah yang akan aktor gunakan untuk menentukan reward bagi lawan interaksinya tersebut. Menekankan pada metode wawancara mendalam dalam menghimpun data, sedangkan penentuan informan dilakukan dengan Snowball Sampling. Penelitian ini berlokasi di Home Industry Batik Erna di kota Mojokerto dengan subjek peneltian pelaku usaha home industry Batik Erna. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi, sementara teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Seluruh data yang diperoleh dikumpulkan pada catatan lapangan lalu dikategorikan sesuai dengan jenisnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur hubungan yang terbentuk di home industry Batik Erna timbul dari transaksi-transaksi sosial (interaksi sosial) antar pelaku usaha yang saling menguatkan dan menguntungkan. Meskipun logika bisnis umumnya mengadopsi prinsip kapitalisme yang cenderung mengutamakan modal ekonomi untuk memperoleh keuntungan materi sebesar-besarnya, home industry Batik Erna justru dapat melebarkan sayap usahanya dengan menjalin relasi (interaksi sosial) antar pelaku usaha yang mengedepankan komitmen emosional (moral) daripada mengutamakan nilai ekonomis.        

Kata Kunci : Home Industry Batik Erna, Pelaku Usaha, Interaksi Sosial 

Abstract

Writing Batik is one of Mojokerto city typical superior products wich production by home craftsmen batik. Home Industry Batik Erna is one of them.To keep opening and increase its existence in the business world,  both from the entrepreneurs , workers and  government ( diskoperindag ) braiding relation typical stages and good. This unique relation make between business players without understimate aim prime and standing each other  common interests.  This research is qualitative research with Herbert Blumer Symbolic interactionisme study aims to describe what it is fact field and analyzed using the theory of Social Interaction. Herbert Blumer said, action or response actors is not just the mere spontaneity of reactions from action person toward others, but based on the meaning given to the actions of others. An interpretation that will actors use to determine  reward  for the opponent at that interaction. Emphasis on in-depth interview method in data compilation, while the determination of the informant is done with  Snowball sampling. Place of this study is in Mojokerto city at Home Industry Batik and the subjeks are Home Industry Batik Erna Business Player. Technical data used interview and observation technique while engineering analysis of data used descriptive analysis technique. At all the data save by fieldnote and categoied as the kind of. This study shows that the structure of the relationship formed in home industry Batik Erna arising from social transactions (social interaction) businessmen who corroborate and profitable. Although the business logic is generally adopts the principle of capitalism tends on capital optimal economic matter to obtain material gain as big as possible, exactly home industry Batik Erna can expand it wings with the braid relation (relationship exchange) between businessmen who seeks emotional commitment (moral) than to give priority to economic value.

Keywords: Home Industry Batik Erna,  Business Player, & Social Interaction

Published
2014-08-25
How to Cite
NUR ABIDAH, H. (2014). POLA INTERAKSI SOSIAL PELAKU USAHA HOME INDUSTRY BATIK ERNA DI KEL. SURODINAWAN KEC. PRAJURIT KULON KOTA MOJOKERTO. Paradigma, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/9428
Abstract Views: 88
PDF Downloads: 90