RESISTENSI GERAKAN MAHASISWA TERHADAP KAPITALISASI PENDIDIKAN (Studi Organisasi Eksternal Kampus di Unesa)

  • MOH. TAUFIK

Abstract

Abstrak

Keterlibatan kaum intelektual dalam dunia gerakan sosial merupakan  sebuah respon terhadap kondisi sosial ekonomi maupun politik yang dirasa masih belum bisa mensejahterakan rakyat. Penelitian ini mengkaji bentuk resistensi gerakan  mahasiswa terhadap kapitalisasi pendidikan. Penelitian ini menggunakan konsep kekuasaan dari Michel Foucault dan teori hegemoni dari Antonio Gramsci. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Peneliti memiliki subjek yakni para fungsionalis organisasi ekstra kampus SMI (Serikat Mahasiswa Indonesia) dan GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia). Teknik pemilihan informan yaitu dengan cara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan in-dept interview. Teknik analisis data dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini terdapat beberapa organisasi ekstra kampus yang melakukan resistensi yang didasarkan atas adanya kapitalisasi pendidikan. Selanjutnya adalah bentuk resistensi yang dilakukan melalui pembentukan konsolidasi dari beberapa organisasi ektra kampus dengan melakukan diskusi-diskusi mengenai situasi kampus hingga membentuk sebuah aliansi sebagai persatuan antar organiasasi ekstra kampus yang kemudian menyikapi dengan penempelan pamflet, pembagian selebaran, dan aksi demonstrasi. Terakhir adalah adanya upaya untuk melemahkan gerakan mahasiswa dengan hegemonisasi yang dilakukan birokrasi kampus dengan cara pewacanaan mahasiswa liar, wacana Unesa yang akan menjadi world class university, banyaknya pembangunan infrastruktur, perkuliahan kewirausahaan, sistem kurikulum yang kompetitif, hingga konflik horizontal dengan organisasi intra kampus.

Kata Kunci: Organisasi Ekstra, Birokrasi kampus dan Resistensi.

 

 

Abstract

The involvement of intellectuals in the social movement world is a response to the socio economic and political conditions that it is still not able to prosper the peoples. This study examines form the resistance the student movement against the capitalization of education. This study uses the  powers concept from Michel Foucault and  hegemony theory from Antonio Gramsci. This study uses qualitative research methods. Researcher have a subject that is the functionalist   extra campus  organization SMI (Indonesian student union) and GMNI (Indonesian national student movement). Informant selection techniques  is with manner purposive. Data collection techniques using observation and indept interview. Method data analysis techniques with a qualitative descriptive. The results of this study, there are several extra-campus organizations that perform resistance based on the existence of education capitalization. next is form of resistance that is done through the establishment of the consolidation of several extra-campus organizations to conduct discussions on the situation of the campus to form an alliance as a union between extra-campus Organization then respond with sticking pamphlet, leaflet distribution, and demonstrations action. Last is there effort to weaken the student movement performed by bureaucratic campus  with   a wild student discourse, discourse Unesa which will be a world class university, the many of infrastructure development, entrepreneurship classes, competitive curriculum system, up to horizontal conflicts with intra-campus organizations.

Keywords: Extra Organization, Bureaucracy campus and Resistance.

Published
2014-08-25
How to Cite
TAUFIK, M. (2014). RESISTENSI GERAKAN MAHASISWA TERHADAP KAPITALISASI PENDIDIKAN (Studi Organisasi Eksternal Kampus di Unesa). Paradigma, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/9461
Abstract Views: 389
PDF Downloads: 535