POLA INTERAKSI GURU DAN SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA

  • FATHURROHMAN

Abstract

Abstrak

Adanya pola interaksi guru dan siswa tidak lepas dari dunia pendidikan. Interaksi sosial merupakan hubungan antara dua atau lebih individu manusia. Dimana perilaku individu yang satu mempengaruhi, mengubah, atau memperbaiki perilaku individu yang lain. Hal itu juga pada hubungan antara guru dan murid pada waktu proses belajar mengajar.   Dalam proses belajar-mengajar ada pola interaksi sosial yang melibatkan siswa dan guru. Tujuan penelitian dalam penelitian ini yaitu ingin mengetahui pola interaksi guru dan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Surabaya. Penelitian ini bersifat kualitatif Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dipahami oleh subjek penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan teori interaksi sosial Gillin yang menjelaskan unsur-unsur  interaksi sosial yakni imitasi, identifikasi, sugesti, simpati dan empati mempunyai pengaruh besar terhadap pola interaksi sosial. Penelitian ini berlokasi di SMP Muhammadiyah 3 Surabaya dengan subjek penelitian guru dan siswa. Teknik penelitian data menggunakan tekhnik observasi dan wawancara. Teknik analisis data mengunakan Trianggulasi. Hasil penilitian ini diperoleh bahwa di SMP Muhammadiyah 3 Surabaya menjalin pola interaksi sosial yang di pengaruhi oleh unsur-unsur imitasi, sugesti, identifikasi, simpati dan empati. 

Kata kunci : Interaksi sosial, Belajar Mengajar dan Pendidikan.

 

Abstract

Social interaction is the relation between two or more individuals man.Where behavior individual that one affecting, turn, or correct manners individual another.Elements of social interaction, namely imitation identification, suggestion; sympathy for and empathy have a major influence on the pattern of social interaction.It was also in relation between teachers and students at the time of learning process.In the process of belajar-mengajar there is a pattern social interaction involving students and teachers.This research is qualitative by using the theory of the interaction of social gillin.This research is located in Surabaya Smp Muhammadiyah 3 with the subject of study of teachers and students.The technique of  research using data observation and an interview.Engineering analysis of data use trianggulation.Data obtained from social interaction that result, there are imitation, suggestion, identification, sympathy, and empathy.

Keywords: Social Interaction, Teaching, and Education.

Published
2014-08-26
How to Cite
FATHURROHMAN,. (2014). POLA INTERAKSI GURU DAN SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA. Paradigma, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/9475
Abstract Views: 100
PDF Downloads: 283