KONFLIK SOSIAL WARGA PERENG AKIBAT PEMBEBASAN LAHAN TOL SUMO DI SIDOARJO

  • INTAN DIANY RACHMAWATI

Abstract

ABSTRAK

Jalan tol sebagai jalan raya bebas hambatan fungsi jalan tol sebagai salah satu solusi untuk mengurai kemacetan. Perkembangan pembangunan jalan tol pun menjadi masalah apabila akses pembangunannya melewati kawasan pemukiman penduduk, muncul konflik antara warga dengan pihak proyek pengadaan tanah untuk membangun jalan tol Surabaya-Mojokerto. Konflik berawal ketika adanya sosialisasi dari P2T (Panitia Pengadaan Tanah) mendatangi satu persatu rumah yang akan terkena proyek jalan tol untuk bernegoisasi harga dengan pemilik rumah. Namun  harga yang ditawarkan ketika itu ditolak. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis konflik sosial warga pereng dalam pembangunan jalan tol Surabaya-Mojokerto,  reaksi warga dengan penawaran yang dilakukan  pihak proyek serta pengaduan warga pada Pemerintah untuk turun tangan memberikan solusi yang tepat bagi warga yang terkena proyek jalan tol. Data yang diperoleh dengan teknik purposive. Teknik analisis data yang mendukung untuk penelitian ini menggunakan teori konflik  Lewis A. Coser, konflik tersebut muncul dan berjalan kemudian adanya safety value (katup penyelamat) serta peran-perannya didalam konflik sosial tersebut. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa konflik yang terjadi antara warga dengan pihak proyek pembangunan jalan tol menimbulkan konflik yang realistis, warga bersikukuh tidak bersedia memebebaskan lahannya untuk pembangunan jalan tol dengan berbagai alasan. Namun yang menjadi penyebab utama adalah belum adanya kesepakatan harga yang disetujui oleh warga dari P2T. Warga yang berkonflik tersebut terbentuk solidaritas atau integrasi yang juga mempengaruhi warga lain supaya tidak menyepakati harga yang ditawarkan. Proses penyelesaian ganti rugi pun dimusyawarahkan melalui konsinyasi yang merupakan titik terakhir dari pengaduan warga mengenai harga yang diinginkan.

Kata Kunci : Konflik, pembebasan lahan, jalan tol

 

ABSTRACT

Toll roads as highway toll roads function as one solution to parse congestion. The development of highway construction becomes a problem when the construction of access passes residential areas, conflicts arise between people with the land acquisition project to build the Surabaya-Mojokerto toll road. The conflict began when the socialization of P2T (Land Acquisition Committee) came to the house one by one that would be affected by highway projects to negotiate the price with the owner of the house, but the price offered when it was rejected. This study was conducted to analyze the social conflict in the development of citizens Pereng Surabaya-Mojokerto toll road  people react to the project bid do and complaints of citizens on the Government to intervene to provide the perfect solution for people affected highway projects. File obtained by using purposive. File analysis techniques that support for this study using the theory of Lewis A. Coser conflict, how conflict arises and runs then any value of safety (safety valve) as well as roles in social conflict. The final conclusion is that the conflict between the residents and the highway construction projects pose a realistic conflict, the people are not willing insisted land for the construction of toll roads for various reasons, but the main cause is the absence of a price agreement approved by residents of P2T. Residents are conflicting formed solidarity or integration which also affects other people that do not agree on the price offered. Compensation settlement process was discussed through consignment which is the last point of the complaints of citizens regarding the desired price. 

Keywords: Conflict, land acquisition, toll roads

Published
2014-08-26
How to Cite
DIANY RACHMAWATI, I. (2014). KONFLIK SOSIAL WARGA PERENG AKIBAT PEMBEBASAN LAHAN TOL SUMO DI SIDOARJO. Paradigma, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/9480
Abstract Views: 279
PDF Downloads: 184