PENGARUH METODE EKSPERIMEN PENCAMPURAN WARNA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A DI TK DHARMA SIWI I SURABAYA

  • Risma Nugrahani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran pencampuran warna menggunakan metode eksperimen terhadap kemampuan kognitif anak di TK Dharma Siwi I Surabaya. Anak diharapkan mampu menyebutkan warna dasar, dapat mencampur warna dasar menjadi warna sekunder, menyebutkan hasil pencampuran warna yang dihasilkan serta mampu menceritakan kembali proses pencampuran warna.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Experimental Design dengan model One Group Pre-Test and Post-Test Design. Subjek penelitiannya yaitu anak kelompok A di TK Dharma Siwi I Surabaya yang berjumlah 24 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian yang berdasarkan analisis pada Wilcoxon Match Pair Test menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan kognitif anak antara sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan metode eksperimen pencampuran warna. Hal ini dibuktikan dengan T hitung = 0 lebih kecil dibandingkan T tabel dengan taraf signifikansi 1% yaitu 61. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Jadi ada pengaruh metode eksperimen pencampuran warna terhadap kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Dharma Siwi I Surabaya.

Kata kunci : kemampuan kognitif, metode eksperimen pencampuran warna

Abstract

This research aims to examine the learning process of color mixing by using experiment method for the A group children’s cognitive skill at Dharma Siwi I kindergarten Surabaya. The children are expected to be able to state the basic colors, mix the basic colors to be secondary colors, state the results of the mixing process, and retell the process of color mixing.This research is a quantitative research by using Pre Experimental Design and One Group Pre-Test and Post-Test model. The subjects of this research are 24 children of A group at Dharma Siwi I kindergarten Surabaya. The data collecting techniques used are observation and documentation.Based on the analysis on Wilcoxon Match Pairs Test, there is a difference of children’s cognitive skill before they get the color mixing experiment method. It is proven by T count = 0 which is smaller than T table and is completed by significant level of 1% is 61. Therefore, the alternative hypothesis (Ha) is accepted and the zero hypothesis (Ho) is rejected. Therefore, there is an influence of color mixing experiment method for the children’s cognitive skill abilities at A group of Dharma Siwi I kindergarten Surabaya.

Keywords: cognitive skill, color mixing experiment method.

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 593