PENGARUH KIRIGAMI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KEMALA BHAYANGKARI 58 MAGETAN

  • APRILIA DWI FITRIANI
  • NURUL KHOTIMAH

Abstract

Anak usia dini adalah sosok individu yang sedang menjalani proses perkembangan. Taman kanak-kanak merupakan tempat anak usia dini untuk mengasah dan menstimulasi tumbuh kembang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan motorik halus anak kelompok B dengan kegiatan kirigami. Jenis penelitian ini merupakan penilitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 58 Magetan yang berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrument dalam penelitian ini mengacu pada indikator dalam kurikulum dan divalidasikan pada ahli motorik halus. Teknik analisis data menggunakan statistic non parametric dalam bentuk angka, berbentuk interval, dan berdistribusi normal. Uji jenjang bertanda Wilcoxon memiliki rumus Zhitung < Ztabel. Jika Zhitung lebih kecil dari Ztabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Zhitung = 0 dan Ztabel untuk N=18 dengan taraf signifikan 5% sebesar 40 maka (0 <40). Data tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kirigami terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 58 Magetan.

Kata kunci: kirigami, kemampuan motorik halus.

Published
2018-07-18
Section
Articles
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 145