Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Islam Al-Karomah Surabaya

  • RATNA AYU MASYHUDIYAH
  • MASUDAH

Abstract

Penelitian yang dilakukan pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Karomah Surabaya ini di latarbelakangi oleh kemampuan kreativitas anak yang masih rendah terutama dalam hal menuangkan ide ke bentuk gambar. Oleh karena itu, perlu ada stimulus yang tepat dalam mengembangkan kreativitas anak yaitu dengan menggunakan metode mind mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh dari metode mind mapping terhadap perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Karomah Surabaya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-ekspremintal design dan jenis penelitian one group pretest-posttest design. Subjek penelitian yang digunakan adalah 22 anak usia 5-6 Tahun di TK Islam Al-Karomah Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon match pairs test.

Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji wilcoxon match pairs test menunjukkan perolehan Thitung yaitu 0 dan Ttabel yaitu 66 sehingga dapat diinterpretasikan jika Thitung < Ttabel, maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa metode mind mapping berpengaruh terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Karomah Surabaya.

Kata kunci: metode mind mapping, kemampuan kreativitas

Published
2018-07-19
Section
Articles
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 148