Modifikasi Permainan Engklek Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 5-6 Tahun

  • LILIK MALICHAH
  • NUR IKA SARI RAKHMAWATI

Abstract

Salah satu aspek perkembangan untuk anak usia dini yang sangat penting dikembangkan yaitu kemampuan kognitif. Kemampuan kognitif terbagi menjadi tiga yaitu belajar dan memecahkan masalah, berfikir simbolik dan berfikir logis. Mengenal bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun dapat dilakukan dengan cara menunjukkan bentuk geometri, menyebutkan bentuk geometri dan mengklasifikasikan benda-benda berdasarkan bentuk geometri. Berdasarkan hasil observasi anak masih kurang dalam mengenal macam-macam bentuk geometri. Hal ini terlihat ketika anak diminta untuk menunjukkan bentuk persegi, namun anak menunjukkan bentuk persegi panjang. Semakin berkembangnya zaman permainan tradisional semakin ditinggal oleh generasi penerusnya karena di Indonesia semakin banyak penduduk sehingga lahan kosong semakin sempit. Dari hasil badan pusat statistika kabupaten sidoarjo pada tahun 2014-2016 bahwa jumlah pekarangan 2.057.40 dibanding luas wilayah dengan jumlah 5.765.40. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi permainan engklek terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experiment Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Sasaran penelitian ini menggunakan seluruh anak usia 5-6 tahun atau kelompok B di TK Dharma Wanita Sugihwaras dengan jumlah 59 anak yang terdiri dari 34 anak laki-laki dan 25 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Indikator penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah menyebutkan bentuk geometri, menunjukkan bentuk geometri dan mengelompokkan bentuk geometri. Penggunaan modifikasi permainan engklek yang digunakan untuk mengenalkan bentuk geometri dilakukan 3 kali tahapan. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata sebelum perlakuan 2,91, sedangkan hasil penelitian rata-rata setelah perlakuan 3,768. Uji hipotesis melalui uji wilcoxon diperoleh nilai sig = 0,000 < alpha (0,05) sehingga diputuskan untuk menolak Ho dan menerima Ha. Hasil tersebut menunjukkan bahwa permainan engklek modifikasi merupakan permainan yang lebih efektif digunakan sebagai proses pembelajaran mengenal bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun.

Kata Kunci: permainan engklek, kemampuan kognitif, bentuk geometri.
Published
2018-07-22
Section
Articles
Abstract Views: 258
PDF Downloads: 735