PENGARUH MUSIK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK KELOMPOK A DI TK KARTIKA IV-9 SURABAYA

  • Indri Dwi Isnaini

Abstract

Musik merupakan seni yang melukiskan pemikiran dan perasaan manusia melalui keindahan suara yang memiliki irama teratur, dan nada-nada yang teratur. Anak yang sejak kecil terbiasa mendengarkan musik akan lebih berkembang kecerdasan emosionalnya di bandingkan dengan anak yang jarang mendengarkan musik. Berdasarkan observasi, pada anak kelompok A di TK Kartika IV-9 adanya kecenderungan pengembangan emosional yang berpusat pada guru dan metode pembelajaran yang klasikal, hanya bercakap-cakap dan tanya jawab, itu yang mengakibatkan pembentukan emosi anak menjadi tidak maksimal. Hal ini yang menjadi latar belakang penelitian di TK Kartika IV-9 Surabaya. Musik dan anak mempunyai hubungan yang sangat dekat, karena semua anak pasti suka mendengarkan musik. Manfaat musik yaitu untuk meningkatkan kecerdasan anak. Usia yang cocok untuk mengembangkan kecerdasan emosi melalui mendengarkan musik adalah usia tiga sampai enam tahun, karena pada usia ini merupakan masa terbaik pada perkembangan pendengaran.Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh musik terhadap kecerdasan emosional anak kelompok A di TK Kartika IV-9 Surabaya. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah musik itu berpengaruh terhadap kecerdasan emosional anak kelompok A di TK Kartika IV-9 Surabaya. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Designs dengan jenis One-Grup Pretest-Posttest Design. dengan membandingkan keadaan sebelum diberi perlakuan Pretest dan sesudah diberi perlakuan Posttest. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Sampel dari penelitian ini adalah 17 anak dari seluruh kelompok A-3. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistik nonparametrik dengan Wilcoxon Match Pairs Test (Uji jenjang Bertanda Wilcoxon)Berdasarkan hasil penelitian rata-rata tingkat kecerdasan emosioanal anak sebelum treatment 34,41 dan sesudah treatment 41,88. Hasil uji jenjang bertanda wilcoxon juga menunjukkan Thitung adalah 0 dan Ttabel adalah 23. Dimana Thitung < Ttabel yaitu 0<23 ( α=0,01), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima dan dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh signifikan musik terhadap kecerdasan emosional anak kelompok A di TK Kartika IV-9 Surabaya.

Kata kunci: musik, kecerdasan emosional, anak kelompok A.

ABSTRACT

Music is a form of art which illustrates human’s thoughts and feelings through the beauty of harmonious sounds and tones. For this reason, children who are exposed to music ever since their early age tend to have better emotional intelligence growth when compared to those who are not. Furthermore, based on the results of the observations to children of group A Kartika IV – 9 Kindergarten, it was found that the teacher tended to develop children’s emotional intelligence by means of activities and method of teaching which were “teacher – centred” and classical in nature (involve only simple dialogues and discussions). These in turn, caused the children’s emotional intelligence to develop less optimally. Recognizing this problem, the current research used it as the background for the investigation which took place at Kartika IV – 9 Kindergarten, Surabaya. Children have a very close connection to music, every children love to listen to music and it helps improve their intelligence. Meanwhile, the ideal age span for the development of their emotional intelligence through exposures to music starts from three to six years old because the development of children’s sense of hearing reaches its peak during this age span.Hence, based on the background explained previously, the current research enquired about the influence of music towards children’s emotional intelligence at group A Kartika IV – 9, Surabaya. To accommodate the main enquiry mentioned before, the design used by this research is the “Pre – Experimental with One –Group Pre test – Post test Design.” Furthermore, this design was conducted by comparing the conditions before the treatment (Pre test) and after the treatment was given (Post test). Meanwhile, the data collection techniques being used consist of observations, interviews, and documentations. In addition, the current research used total population sampling as its technique of2sampling. Accordingly, the sample of this study consists of the whole 17 children of group A- 3. Afterwards, the data gained was analyzed by using nonparametric statistics and Wilcoxon Match Pairs Test.Based on the results of the research, the average emotional intelligence rate of the children before the treatment was 34.41 and after the treatment their average emotional intelligence was 41.88. The result of Wilcoxon Match Pairs Test further shows that Tvalue = 0 and Ttable is 23, in which Tvalue< Ttable = 0<23 (α=0.01), as a result, H0 is rejected and Hɑ is accepted. In conclusion, music significantly influences children’s emotional intelligence at group A Kartika IV – 9 Kindergarten, Surabaya.

Key Words: Music; Emotional Intelligence; Group A Children.

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 175
PDF Downloads: 839