Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Motorik Halus untuk Anak

  • WINDA AFNI FARIKHAH
  • WULAN PATRIA SAROINSONG

Abstract

Penelitian pengembangan media Buku Saku Motorik Halus ini memiliki tujuan yaitu, untuk mengetahui hasil pengembangan buku saku dan untuk mendapatkan efektifitas buku saku motorik halus dari pengguna (Guru dan Orang Tua). Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D atau (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Desain uji coba yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Survei. Sasaran dalam penelitian ini yaitu 50 orang tua dan 50 Guru TK/RA di Kota Surabaya yang memiliki anak usia 4-5 tahun. Data diperoleh dan dikumpulkan dengan menggunakan teknik kuesioner yang dilakukan secara online melalui google form, dan teknik dokumentasi yang berupa desain produk sebelum dan setelah direvisi. Hasil dari penelitian ini adalah media Buku Saku Motorik Halus. Dari hasil survei dan feedback guru dan orang tua menunjukkan bahwa buku saku motorik halus yang dikembangkan terbukti sangat valid. hal ini ditunjukkan melalui materi ataupun media yang ada pada buku saku, tingkat jelasan pada gambar/teks 3,07, tingkat kesesuaian letak memliki nilai mean 3,28, tingkat kualitas buku memiliki nilai 3,15 yang artinya 51-75 tanggapan guru dan orang tua sangat efektif. Selanjutnya pada kemenarikan serta kesesuaian letak 3.28 dan tingkat ketepatan memiliki nilai mean 3.35 dimana nilai tersebut mendekati skor 4, yang artinya 76-100 berarti efektif. Hasil tersebut dapat dikategorikan sangat baik sehingga layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran disekolah ataupun dirumah. Hasil penelitian buku saku motorik halus ini memberikan implikasi pada perkembangan aspek motorik halus pada anak.

Kata Kunci : Buku Saku, Motorik Halus, Anak Usia Dini.


Published
2020-06-14
Section
Articles
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 9