PENGARUH PENGGUNAAN ICE BREAKER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK KELOMPOK B DI TK LABORATORIUM PG-PAUD FIP UNESA

  • Indy Ari Pratiwi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan Ice Breaker terhadap motivasi belajar anak kelompok B di TK Laboratorium PG-PAUD FIP Unesa. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental desain. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 24 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi. Untuk pengujian instrumen validitas menggunakan uji validitas konstruksi sedangkan reliabitasnya menggunakan uji reliabilitas pengamatan dengan rumus yang dikemukakan oleh H.J.X.Fernandes. Data yang diperoleh dilapangan dianalisis dengan Teknik analisis data uji wilcoxon match pairs test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Ice Breaker berpengaruh terhadap motivasi belajar anak kelompok B di TK Laboratorium PG-PAUD FIP Unesa. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan analisis data yang menyatakan bahwa harga T hitung = 0 lebih kecil dari T tabel dengan taraf signifikan 5 % = 81, dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan ice breaker dapat membangkitkan motivasi belajar anak. Untuk perbaikan penelitian yang akan mendatang disarankan agar guru menguasai teknik-teknik, materi maupun gerakan dalam Ice Breaker tersebut sehingga tidak menimbulkan kerancuan atau kebingungan bagi anak-anak dan hendaknya guru menyesuaikan Ice Breaker yang akan dilakukan dengan tema pembelajaran yang akan diajarkan.

Kata kunci: ice breaker, motivasi

Abstract

This research aims to find out the effect of ice breaker for the B group children’s motivation to learn at Laboratorium kindergarten PG-PAUD FIP Unesa. This research is a pre experimental research design. The subjects of this research are 24 children. The observation is used as the data collecting technique. The construction validity test is used to test the validity of the instrument. The formula from H.J.X Fernandes is used to find the reliability of the instrument. The data is analyzed by using wilcoxon match pairs test.The result shows that the use of ice breaker affects the B group children’s motivation to learn at Laboratorium kindergarten PG-PAUD FIP Unesa. It is proven by the result of the data analysis. Tcount=0, it is smaller than Ttable in the significant level of 5%=81. Therefore, the alternative hypothesis (Ha) is accepted and null hypothesis (Ho) is rejected. It can be concluded that the use of ice breaker can develop children’s motivation to learn. For further research, it is suggested that the teacher master various techniques, learning materials, and movement of the ice breaker. Therefore, it will not create ambiguity for the children. The teacher is also expected to adapt the appropriate ice breaker with the lesson which is taught.

Keywords: ice breaker, motivation

Published
2013-10-01
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 31