PENGARUH PERMAINAN KANCING TEMPEL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PERMATA WARU SIDOARJO

  • Intan Tri Wahyuni Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang diajukan “Apakah Ada pengaruh permainan kancing tempel terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di TK Permata Waru Sidoarjo?”. Rancangan penelitian dalam penelitian ini adalah rancangan pre-ekperimental design dengan  pre-test and post-tes one group design dengan permainan kancing tempel untuk  mengenal konsep bilangan sebagai bentuk perlakuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelompok A.  Analisis data menggunakan statistik parametrik yaitu sign test. Dari hasil analisis data dengan menggunakan sign test diperoleh nilai yang menunjukkan tanda positif (+) berjumlah 10 yang bertindak sebagai N (banyaknya pasangan yang menunjukkan perbedaan) dan x (banyaknya tanda yang lebih sedikit) berjumlah 0. Dengan melihat tabel tes binominal dengan ketentuan N = 10 dan x = 0 (z), maka diperoleh p (kemungkinan harga di bawah Ho) = 0,001. Bila dalam ketetapan α (taraf  kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa harga 0,001 < 0,05, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa permainan kancing tempel  dapat diterapkan dalam pengenalan konsep bilangan pada anak kelompok A di TK Permata Waru Sidoarjo.

Kata Kunci: Permainan kancing tempel, mengenal konsep bilangan.

Published
2021-01-19
Section
Articles