PENGEMBANGAN RPPH BERBASIS STEAM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING ART MATHEMATICS) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • putri alisa qotrun nada Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Reza

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang berbasis STEAM pada anak usia 5-6 tahun, sebagai referensi untuk melaksanakan pembelajaran yang menggunakan pendekatan STEAM. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode survey. Hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan menghasilkan produk berupa rancangan Rencana Pelaksanaan pembelajaran Harian (RPPH) berbasis STEAM dengan hasil perhitungan kelayakan sebesar 81% dari validator sehingga produk dikatakan sangat layak. Hasil implementasi produk pada guru PAUD diperoleh perhitungan sebesar 83,94%. Produk RPPH berbasis STEAM pada anak usia 5-6 tahun  dilengkapi dengan PROSEM, RPPM, concept web, subject web, buku tema dan lesson plan, dan diharapkan guru mampu membuat kegiatan pembelajaran yang lebih bervariasi sehingga semua aspek tersebut dapat diintegrasikan.

Kata Kunci: RPPH, STEAM, PAUD.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-05

Issue

Section

Articles
Abstract views: 587 , PDF Downloads: 1074