PENGEMBANGAN RPPH BERBASIS STEAM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING ART MATHEMATICS) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang berbasis STEAM pada anak usia 5-6 tahun, sebagai referensi untuk melaksanakan pembelajaran yang menggunakan pendekatan STEAM. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode survey. Hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan menghasilkan produk berupa rancangan Rencana Pelaksanaan pembelajaran Harian (RPPH) berbasis STEAM dengan hasil perhitungan kelayakan sebesar 81% dari validator sehingga produk dikatakan sangat layak. Hasil implementasi produk pada guru PAUD diperoleh perhitungan sebesar 83,94%. Produk RPPH berbasis STEAM pada anak usia 5-6 tahun dilengkapi dengan PROSEM, RPPM, concept web, subject web, buku tema dan lesson plan, dan diharapkan guru mampu membuat kegiatan pembelajaran yang lebih bervariasi sehingga semua aspek tersebut dapat diintegrasikan.
Kata Kunci: RPPH, STEAM, PAUD.
Downloads

