Pengembangan Buku Panduan Program Pembelajaran Literasi Baca-Tulis Bagi Anak Usia Dini

  • Aisyah Tsabitah Fatin Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Di Indonesia literasi menjadi hal yang kurang diperhatikan dalam pendidikan dikarenakan kurangnya pemahaman guru tentang makna literasi yang sebenarnya. Terutama literasi baca-tulis yang merupakan salah satu bagian dari enam literasi dasar yang harus ditanamkan pada anak sejak dini. Literasi baca-tulis ontuk anak usia dini tidak hanya berkaitan dengan kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga berkaitan dengan kemauan dan bagaimana anak-anak mampu menerima dan mengolah informasi yang diperoleh. Kurangnya pemahaman tersebut mengakibatkan guru di lembaga PAUD tidak memiliki arahan khusus dalam melaksanakan program pembelajaran yang dapat mengembangkan literasi baca-tulis dalam diri anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan sebuah produk berupa buku panduan program kegiatan pembelajaran literasi baca-tulis bagi anak usia dini yang ditujukan untuk lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini, sehingga dapat diimplementasikan untuk membantu guru dalam menanamkan serta mengembangkan minat literasi baca-tulis pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and evaluated). Pengumpulan dan analisis data dilakukan menggunakan teknik wawancara dan angket secara online dan disajikan menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) Validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan media menunjukkan bahwa buku panduan layak digunakan dengan persentase kelayakan materi 84% dan persentase kelayakan media 76%; 2) Penilaian yang diberikan oleh 10 guru TK-B menunjukkan bahwa buku panduan sangat baik dan layak dengan persentase kelayakan 89%. Maka dapat disimpulkan bahwa menurut ahli materi, ahli media dan 10 guru TK-B, buku panduan program kegiatan pembelajaran literasi baca-tulis bagi anak usia dini layak dilanjutkan pada tahap implementasi dan dapat digunakan untuk menambah pemahaman guru dan sebagai rekomendasi guru dalam menanamkan minat literasi baca-tulis pada anak usia dini.

Kata Kunci: literasi baca-tulis, buku panduan, anak usia dini.

Published
2022-06-11
Section
Articles
Abstract Views: 181
PDF Downloads: 202