PENGEMBANGAN MEDIA INTRAFOOD BOOK UNTUK MENSTIMULASI PENGENALAN BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN
Abstract
Intrafood book merupakan media pembelajaran yang berisi mengenai pengenalan bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun dengan tema makanan tradisional. Pengenalan bilangan adalah komponen penting dalam perkembangan kognitif. Stimulasi pengenalan bilangan dapat dilakukan dengan mengembangkan media pembelajaran. Media pembelajaran dapat digunakan sebagai alternative yang inovatif dalam mengatasi permasalahan pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media Intrafood book untuk menstimulasi pengenalan bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan jenis penelitian 4D. Dalam penelitian ini menggunakan anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 20 anak. Subjek uji teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kelayakan, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan. Hasil keefektifan melalui uji pretest dan posttest yang menggunakan uji Wilcoxon dengan uji coba lapangan operasional dengan nilai < 0,001 artinya terdapat pengaruh media Intrafood book untuk menstimulasi pengenalan bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Dari hasil validasi menunjukkan media intrafood book layak digunakan dengan persentase sebesar 87,50% dan ahli media sebesar 80,50%. Untuk kepraktisan media yang diberikan nilai oleh guru dengan hasil persentase 88% . Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Intrafood book dapat dinyatakan praktis dan efektif untuk digunakan dalam menstimulasi pengenalan bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun.
Downloads
References
Adhe, K. R., Simatupang, N. D., Widayati, S., & Sholichah, S. A. (2023). Pengembangan Buku Cerita Big Book Kalender Meja dalam Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1130–1141. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4067
Adhe, K. R., Widayanti, M. D., Maulidiyah, E. C., & Fadilah, S. N. (2023). Pengembangan Buku Panduan “Little Scientist” Dalam Pembelajaran STEAM Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi SAINS Anak Usia 4-5 Tahun PISA 2018 menunjukkan bahwa tingkat literasi sains anak Indonesia masih rendah rendahnya pemahaman guru tentang arti pe. Journal Of Early Childhood Education ( JECE), 5(1), 80–91.
Anggraini, P., & Agustin Ningrum, M. (2018). Pengembangan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. PAUD Teratai, 7(3), 1–6.
Ashari, N., Jalil, N., Mustafa, N. A., Nurhamna, Dasman, E. F., & Nurhaskin. (2023). Pengenalan Konsep Matematika Dalam Permainan Monopoli Untuk Kelas B. JP2KG (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini, 4(1), 1–12.
Ayuni, Y. R. P., Komalasari, D., Ningrum, M. A., & Saroinsong, W. P. (2022). Pengembangan Buku Panduan Konsep Pola untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(2), 155– 172. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2022.3.2.155-172
Bruner, J. (1973). The relevance of Education. W.W Norton.
Cahyani, A. D. N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Usia 4-5 Tahun melalui Permainan
Balok Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(3), 170–179. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD
Cahyaningrum, W. N., Rasmani, U. E. E., & Pudyaningtyas, A. R. (2022). Profil KemampuanMengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun (Penelitian Survei Di Tk Gugus Dahlia Wonosari, Klaten). Kumara Cendekia, 10(2), 109. https://doi.org/10.20961/kc.v10i2.58458
Charlesworth, R. (2016). Science & Math Science & Math Science & Math Science & Math Science & Math. Cengage Learning.
Coronata, C., & Alsina, Á. (2014). Evaluation of the Mathematical Processes in the Practices of Teaching and Learning in Childhood Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1320–1323. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.227
Dina, N. R., & Purnamasari, Y. M. (2023). Pengembangan Game Power Point Untuk Stimulasi Kognitif Anak Usia Dini. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 4(1), 30–47. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jt
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiaawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran Sulis Putri Hidayat STAI DR. KHEZ Muttaqien Purwakarta. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 01–17.
Fatria, F., & Listari. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Google Drive Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 138–144. https://doi.org/10.32696/ojs.v2i1.158
Filtri, H., & Sembiring, A. K. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 186–197. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1179
Fitriana, R. (2015). Perancangan buku interaktif sebagai penunjang aktivitas belajar pos PAUD asia 3-4 tahun di Kelurahan Tugu-Depok. E-Proceeding of Art & Design, 2(2), 766–773. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.i d/index.php/artdesign/article/download/4708/4658
Gunanti, E., Wahyuningsih, S., & Dewi, N. K. (2021). Mengenal Konsep Bilangan Melalui Pembelajaran Multimedia Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 9(2), 66–76. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.47620
Habsari, D. (2013). Metode Pengenalan Konsep Bilangan
Pada Anak Kelompok Umur 4-5 Tahun di TK LKIA I Pontianak. http://ascelibrary.org/doi/pdf/10.1061/(ASCE)0733 9410(1994)120:1(225)%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016 /j.conbuildmat.2013.07.024%0Ahttp://eprints.uanl.m x/5481/1/1020149995.PDF%0Ahttp://scholar.google .com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:winde nergie+report+
Hake, R. (2002). Lessons from the physics education reform effort. Ecology and Society, 5(2), 1–42. https://doi.org/10.5751/es-00286-050228
Hamka, D., & Effendi, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Kuliah Fisika Dasar di Program Studi Pendidikan IPA. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 19–33. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7111
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., & Masdiana. (2021). Media Pembelajaran (F. Sukmawati (ed.); Mei 2021). Tahta Media Group.
Ibrahim, M. A., Fauzan, M. L. Y., Raihan, P., Nuriyah, S., Nurhadi, Setiawan, U., & Destiyani, Y. N. (2022). Jenis, Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran. Al Mirah- Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 106–113. www.aging-us.com
Jesse, A., Bramantya, & S, R. P. (2016). Perancangan Buku Cerita Interaktif untuk Menimbulkan Minat Baca Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1, 989–992.
Kurniasih, S. (2022). Pembelajaran Inovatif dengan Media Video untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Usia 5-6 Tahun. JP2KG (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini, 3(1), 87–96.
Limanto, D. A., Bangsa, P. G., & Christianna, A. (2015).
Perancangan Buku Pembelajaran Interaktif Sejarah Peringatan Hari – Hari Perjuangan Nasional Untuk Anak Usia 6 - 11 Tahun. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6), 17. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/3208
Malaikosa, Y. M. L. (2021). Penguatan Life Skills Peserta Didik Dengan Pendekatan Ekonomi Kreatif. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 300. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.24215
Malaikosa, Y. M. L., Kholisah, N., & Putra, A. A. I. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Sukawangi 4 Bandung. Tamilis Synex: Multidimensional Collaporation, 2(1), 128–136.
Malaikosa, Y. M. L., Nurkholisah, F., & Khusniyah, T. W. (2022). Efektivitas Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembiasaan Siswa SD Negeri Tungkulrejo Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 5(1), 26–33. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd
Malaikosa, Y. M. L., Wulandari, S., & Zahrotin, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN Purworejo 01. Global Education Journal, 1(4), 320–332.
Martini, & Sitorus, M. (2023). Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Al Abyadh, 6(1), 41–50.
Miftah, M. (2022). Peran, Fungsi, dan Pemanfaatan Media Pembelajaran (A. Leonardo (ed.); 2022nd ed.). CV. Feniks Muda Sejahtera. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=hsldEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Fungsi+media+pembelajaran&ots=OSPBsXiDa&sig=I2GWxMZj_YaSku44gAufYhfuGcM&redir_esc=y#v=onepage&q=Fungsimediapembelajaran&f=false
Morrison, G. S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (B. Sarwiji (ed.); 5th ed.). PT Indeks.
Ningrum, M. A., & Fauziyah, M. (2022). Pengembangan media liputan berbasis loose parts untuk mengenalkan lambang bilangan anak usia 4-5 tahun. Jurnal PAUD Teratai, 11(2), 1–9. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paudteratai/article/view/48393/40474
Ningrum, M. A., & Nur, N. R. (2023). Pengembangan Buku Interaktif ARBO Berbasis Augmented Reality Dalam Menstimulasi Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia Dini. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 21–36. http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/PAUD/article /view/1668
Nisrina, R., Palupi, W., & Pudyaningtyas, A. R. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Penggunaan Media Pop-Up Picture Book Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 8(3), 342–355.
Nopayana, S., Rostika, D., & Ismail, H. (2015). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Beserta Lambang Bilangan Pada Anak Melalui Media Papan Flanel Modifikasi. Cakrawal Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1). https://doi.org/10.17509/cd.v7i1.10545
Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran (R. Awahita (ed.); Juni, 2021). CV Jejak, Anggota IKAPI.
Pemerintah, P. (2021). Standar Kompetensi Lulusan Pada Pendidikan Anak Usia Dini.
Pemerintah Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan T. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah. Pasal (pp. 6–8).
Piaget, J. (1980). Conversation with Jean Piaget (Robert Laf). Data Bringuien, Jean Claude.
Rizki, E., Oktariana, R., & Hayati, F. (2021). Pengembangan Permainan Busy Book Untuk Menstimulasi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun TK Save The Kids Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 1–14.
Sood, S., & Mackey, M. (2015). Teaching number sense: Examining the effects of number sense instruction on mathematics competence of kindergarten students. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 2(2), 14–31. http://search.proquest.com/docview/304919712?accountid=14723
Sudarna. (2014). PAUD Pendidikan Anak Usia Dini Berkarakter.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan:nPendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam
Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. In J. Russel (Ed.), Leadership Training (Vol. 14, Issue 1). National Center for the Improve- ment of Educational Systems, U. S. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. ISTIQRA’, 5(2), 173–179.
Wahyuni, N., & Kusuma, T. C. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Media Pop-Up Book Di Tk Pertiwi 1 Kota Padang. Universitas Sriwijaya (UNSRI): E-Journal, 5(7), 64–70.
Wahyutami, K., Madyawati, L., & Sulistyaningtyas, R. E. (2023). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Loose Parts Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini) PG PAUD Universitas Negeri Surabaya, 4(2), 42–55. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jt
Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemograman Multimedia Pembelajaran Interaktif (D. Febiharsa (ed.); 2017th ed.). Cerdas Ulet Kreatif.
Wibowo, D. C. (2017). Jenis-Jenis Buku Interaktif. 27 April.
Widayati, S., Widayanti, M., & Rahmawati, D. (2023). Penerapan Puzzle Geometri Di Ra Al-Mukhlashin Dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4), 1397–1414. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2319
Abstract views: 52
,
PDF Downloads: 28