MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI PERMAINAN MEMANCING DI PAUD LITTLE STAR
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan mengenal lambang bilangan di Pos Paud Little Star yang masih rendah. Karena dalam pembelajaran mengenal lambang bilangan guru belum menggunakan alat permainan yang menarik sehingga anak merasa bosan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, anak dan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun kelompok B1 berjumlah 8 anak. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh data aktivitas guru sebesar 68%, aktivitas anak sebesar 62%, hasil kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan sebesar 64%. Pada siklus II diperoleh data aktivitas guru sebesar 85%, aktivitas anak sebesar 83%, hasil kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan sebesar 81%. Berdasarkan data pada siklus II dapat disimpulkan bahwa permainan memancing dapat meningkatkan kemampuan anak usia 3-4 tahun dalam mengenal lambang bilangan.
Downloads

