Peningkatan Kemandirian Siswa Melalui Metode Montessori Materi Practical Life
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kemandirian siswa melalui metode Montessori
dengan materi Practical Life pada anak Kelompok Belajar B di KB Kristen Elyon Surabaya Tahun Ajaran
2024/2025. Subjek penelitian ini berjumlah 13 anak, yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 5 anak perempuan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus
terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode Montessori
dengan materi Practical Life diterapkan untuk memberikan pengalaman belajar yang melatih anak dalam
melakukan aktivitas sehari-hari secara mandiri, seperti makan sendiri, melepas dan memakai sepatu, serta
memakai baju sendiri. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian siswa setelah
diterapkannya metode Montessori. Pada siklus pertama, siswa mulai menunjukkan perkembangan dalam
melakukan kegiatan secara mandiri meskipun masih memerlukan sedikit bimbingan. Pada siklus kedua,
sebagian besar siswa mampu melakukan tugas-tugas kemandirian dengan lebih percaya diri dan tanpa
bantuan guru. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Montessori dengan materi Practical Life
efektif dalam meningkatkan kemandirian siswa di Kelompok Belajar B KB Kristen Elyon Surabaya.
Downloads

