MENINGKATAN KETRAMPILAN SAINS MELALUI KEGIATAN TERAPUNG MELAYANG TENGGELAM DIKELOMPOK B2 DHARMA WANITA PULOREJO KOTA MOJOKERTO

  • Ummatul Khoiro

Abstract

Berdasarkan hasil observasi bahwa pembelajaran kelompok B2 TK Dharma Wanita Pulorejoditemukan bahwaguru seringkali mengalami kesulitan untuk membuat anak tertarik, fokus, serius dankonsentrasi pada saat pembelajaran sains. Salah satu penyebab ketidak berhasilan pembelajaran sains adalahkurangnya pemahamanan materi sains yang dimiliki guru serta strategi penyampaian.Tujuan dari penelitian iniadalah untuk meningkatkan kemampuan ketrampilan sains anak melalui kegiatan terapung melayang tenggelam.Penelitian ini menggunakan penelitian penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklusberulang. Disetiap siklus terdiri 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaantindakan, observasi dan refleksi. Subyekpada penelitian ini adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita Pulorejo Mojokerto yang berjumlah 20 anak,terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Tehnik pengumpulan datadiperoleh melalui observasi dandokumentasi sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif kuantitatifDari hasilanalisis siklus I diperoleh data kemampuan keterampilan sains anak 75%. Hal inimenunjukkan penelitian tindakan kelas belum berhasil oleh karena itu target yang ditentukan adalah 80%makapenelitian berlanjut pada siklus II. Pada siklus ke II diperoleh data mengenai peningkatan kemampuanketrampilan sains mencapai 85 %. Berdasarkan analisis data pada siklus II maka target yang diharapkan tercapaidan penelitian dinyatakan berhasil. Selain itu dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan terapung melayangtenggelam dapat meningkatan ketrampilan sains anak dikelompok B TK Dharma Wanita pulorejo kotamojokerto.

Kata kunci: keterampilan sains, terapung melayang tenggelam.

ABSTRACT

Based on the observation that the learning group B2 kindergarten Dharma WanitaPulorejo found thatteachers often find it difficult to make children interested , focused , serious and concentration during theirscience lessons . One cause of the lack of success is the lack of understanding of His science learning materialsand science teachers have penyampaian.Tujuan strategy of this research is to improve the science skills ofchildren through the floating float sinks .This study uses action research study that was designed in the form of a repeating cycle . In each cyclecomprises four stages , namely planning, action , observation and reflection . Subjects in this study werekindergarten children in group B Dharma WanitaPulorejoMojokerto totaling 20 children , consisting of 10 boysand 10 girls . Data collection techniques gained through observation and documentation while using descriptivestatistical analysis of quantitative dataFrom the analysis of the data obtained by the first cycle science skills ability children 75 % . Thisshow has not been successful action research therefore specified target is 80 % then the research continues onthe second cycle . In the second cycle to the data obtained about upgrading the skills of science , reaching 85 % .Based on the data analysis of the second cycle of the target is reached and the study declared successful .Moreover, it can be concluded that through sink floating drift can improve science skills of kindergartenchildren grouped B Dharma WanitaPulorejomojokertocity .

Keywords : science skills , floating float sinks .
Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 629