MENINGKATKAN KETRAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR DI ATAS PASIR DI KELOMPOK A-2 TK DHARMA WANITA BLOOTO KOTA MOJOKERTO

  • Endang Puspitasari
  • Rachma hasibuan

Abstract

Ketrampilan motorik halus anak kelompok A-2 TK Dharma Wanita Blooto Kota Mojokerto masih belum terampil. Hal ini terlihat ketika anak membuat garis yang tidak lurus dan rapi. Salah satu penyebab masalah ini terjadi karena kegiatan yang kurang berfariasi dan kurang menyenangkan bagi anak. Ketrampilan motorik halus anak adalah kegiatan fisik yang tidak membutuhkan tenaga tetapi membutuhkan ketelitian dan kecermatan pada anggota tubuh terkecil, yang diakukan oleh otot-otot kecil yang berkoordinasi antara mata dan tangan sehingga perlu stimulasi sejak dini. Untuk mengatasi masalah ketrampilan motorik halus anak pada anak TK Dharma Wanita Blooto Kota Mojokerto peneliti memberi kegiatan menggambar di atas pasir sebagai solusinya. Menggambar dengan menggunakan media pasir tidaklah asing bagi anak dan menarik perhatian pada anak, karena pasir sangatlah disenangi oleh anak sehingga anak dapat mudah membuat gambar di pasir dan dapat meningkatkan ketrampilan anak. Terkait dengan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketrampilan motorik halus anak TK pada kelompok A-2 melalui kegiatan menggambar di atas pasir.  Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan bentuk siklus berulang, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah kelompok A-2 TK Dharma Wanita Blooto kota Mojokerto dengan jumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif.  Dari data yang diperoleh dari siklus I diperoleh hasil aktivitas guru sebesar 75%, aktivitas anak sebesar 70% dan ketrampilan motorik halus anak sebasar 76%. Berdasarkan data pada siklus I maka penelitian berlanjut pada siklus II. Oleh karena kreteria keberhasilan tindakan ini adalah 80%. Dari hasil siklus II diperoleh data aktivitas guru sebesar 90%, aktivitas anak sebesar 87% dan ketrampilan motorik halus anak sebesar 94%. Berdasarkan data dari siklus II maka penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan menggambar di atas pasir dapat meningkatkan ketrampilan motorik halus anak pada kelompok A-2 TK Dharma Wanita Blooto dari proses belajar mengajar .

Kata kunci : Ketrampilan, Menggambar, Pasir.

ABSTRACT

Fine motor skills of children in group A - 2 TK Dharma Wanita Blooto Mojokerto still not skilled. This can be seen when a child makes a line that is not straight and neat . One cause of these problems occur because activity varies less and less fun for childre . Fine motor skills a child is physical activity that does not require energy but requires precision and accuracy in the smallest limb, which is carried out by small muscles in coordination between eyes and hands that need stimulation from an early age . To overcome the problem of fine motor skills in children kindergarten Dharma Wanita Blooto Mojokerto give researchers drawing on the sand as a solution. Drawing by using sand media are no strangers to the child and to draw attention to the child, because the sand is loved by children so that children can easily create a picture in the sand and can improve the children's skills. In this regard, the purpose of this study was to determine the fine motor skills of kindergarten children I ngroup A-2 through drawing on the sand.  This study uses a Class Action Research with repeated cycles form, which consists of four phases: planning, action, observation and reflection . The subjects of this study were group A - 2 TK Dharma Wanita Blooto Mojokerto city by the number of 17 children. Data collection techniques used observation and documentation. Analysis using descriptive statistics.  From the data obtained from the first cycle activity results obtained by 75 % of teachers, children activity by 70 % and fine motor skills sebasar 76 % . Based on data from the first cycle then continues on the second cycle of research. Therefore, this action is a success criteria of 80 %. From the results of the second cycle of activity data obtained by 90 % of teachers, children activity by 87 % and fine motor skills by 94 %. Based on data from the second cycle of action research is declared successful. The conclusion of this study is drawing in the sand can improve fine motor skills of children in group A - 2 TK Dharma Wanita Blooto of the learning process .

Keywords : fine motor, drawing, sand

Published
2014-06-01
Abstract Views: 94
PDF Downloads: 1179