MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DINI MELALUI PERMAINAN KARTU KATA DAN GAMBAR PADA KELOMPOK B DI TK TUNAS HARAPAN II BALEKAMBANG

  • Siti Munaziroh
  • Rohita Rohita

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan Taman Kanak-kanak harus mengembangkan lima aspek perkembangan di dalam kurikulum pembelajaran, salah satunya adalah aspek perkembangan bahasa. Didalam perkembangan bahasa anak aspek- aspek yang harus dikembangkan adalah berbicara, menulis, mendengarkan, dan membaca. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 58 tahun 2009,  anak usia 5-6 tahun memiliki kemampuan untuk mencari gambar yang mempunyai huruf awal yang sama, menghubungkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkan, menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkan. Melalui observasi awal, ditemukan bahwa  anak hanya mampu membaca dengan mengeja tulisan melalui bantuan guru. Oleh sebab itu peneliti menggunakan permainan kartu kata dan gambar untuk meningkatkan kemampuan membaca dini anak. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah permainan kartu kata dan gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca dini di TK Tunas harapan II Balekambang Tahun ajaran 2013/ 2014.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, setiap sklus terdiri atas 4 tahab yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 19 anak yang terdiri atas  6 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.

Hasil penelitian sklus 1 menunjukkan kemampuan membaca dini anak sebesar 47%. Hal ini belum sesuai dengan kreteria tingkat pencapaian anak sebesar 75%, untuk itu perlu dilanjutkan pada sklus II. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa kemampuan membaca dini anak meningkat menjadi 89%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan permainan kartu kata dan gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca dini pada anak kelompok B TK Tunas harapan II Balekambang.

Kata kunci: Kemampuan Membaca dini, Permainan Kartu kata dan gambar,

 

Abstract

Providence The Kindergarten must develop the 5 aspect of the development on the curriculum of education, one on the aspect of language development. In child language development aspects that should be develop. Such as; speaking, writing, listening, and reading. In accordance with the Regulation of the Menteri Pendidikan Nasional No. 58 tahun 2009, children aged 5-6 years have the ability to search for images that have the same initial letter, writing connects with a symbol that represents a simple, simple inscription mentions the symbolic representation. Through the initial observation, it was found that the child is only able to read the spell written with the help of a teacher . Therefore, researchers using the word card games and pictures to enhance the child's early reading skills The purpose of this study was to determine whether the card game word and image can improve the ability to reading at early age at TK Tunas Harapan 2 Balekambang 2013-2014.

The research are using the class action method (PTK) which consists of two cycles, each consisting of 4 including planning, implementation, observation, reflection. The subjects of this research is consist of 19 children with 6 boys and 13 grils. The collection data technique are using the are the observation sheets and dokumentasa, while the analysis of the data used is descriptive statistics.

The results of the study showed sklus 1 child early reading skills by 47%. This is not in accordance with the jolly level of achievement in children by 75%, it is necessary to proceed on sklus II. The results in the second cycle shows the results of early reading skills increased by 89%. Based on these studies it can be concluded that the activities of card games and pictures can increase the ability to reading at early aged at TK Tunas Harapan Balekambang.

Keywords: Early Reading Ability, Card Games word and image

Published
2014-11-01
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 283