UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEMASAK (COOKING CLASS) PADA ANAK TK PLUS TUNAS BANGSA KELOMPOK B KECAMATAN SOOKO MOJOKERTO

  • ELOK MUTHOHAROH

Abstract

Pertumbuhan ketrampilan motorik, baik motorik kasar maupun motorik halus pada anak tidak akan berkembang melalui kematangan begitu saja, melainkan ketrampilan itu harus dipelajari. Namun tidak semua anak memiliki kematangan untuk mengusai ketrampilan ini pada tahap yang sama, hal tersebut juga terjadi pada anak TK Plus Tunas Bangsa kelompok B, yang kemampuan motorik halusnya terutama dalam kegiatan menggunting, mencetak dan membentuk, masih belum sesuai dengan capaian perkembangan yang diharapkan, hal ini dikarenakan kegiatan yang dilaksanakan dan media yang digunakan kurang bervariasi dan kurang menarik minat anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari alternatif pembelajaran yang menyenangkan, yaitu dengan kegiatan memasak (cooking class). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dan menggunakan tehnik analisis data deskriptif kwalitatif. Dari hasil penelitian ini terbukti ada peningkatan kemampuan motorik halus anak sebesar 18,27%. Ini terlihat dari hasil prosentase siklus I, 63,33 % menjadi 81,6 % pada silkus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan memasak (cooking class).

Kata kunci : kemampuan motorik halus, kegiatan memasak

Abstract

Growth in motor skills, both gross motor and fine motor skills in children will not grow through maturity for granted, but the skills must be learned. However, not all children have maturity of mastering these skills at the same stage. It also occured on children at TK Plus Tunas Bangsa in group B, whose fine motor ability especially in cutting, and shaping were not in accordance with the achievement of their development. It was coused of the activity done and the media was not so variative and not to attract the children interest. The aim of this research was to find the pleasant learning alternative, that was cooking class.The research was a Classroom Action Research which consist of four stage that was planning, action, observing, and reflekting. This research was held in two cycles, each cycle consists of two meetings, and uses the descriptive qualitative data analysis technique.From the result of this research, it proved that there was improvement in fine motor ability of the children which was 18,27%. It can be seen from the result percentage in cycle I, 63,33% become 81,6% in cycle II. It can be concluded that children fine motor ability can be efforted trhough cooking class.

Keywords: fine motor ability, cooking class

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 623