IMPLEMENTASI MEDIA SISTEM DAPODIK DALAM OPTIMALISASI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAUD DI KABUPATEN MOJOKERTO
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi media sistem Dapodik dalam optimalisasi kompetensi profesional guru PAUD di Kabupaten Mojokerto. Melalui pembahasan hasil penelitian, ditemukan bahwa implementasi media sistem Dapodik secara keseluruhan mampu membantu lembaga PAUD dalam mengelola data dengan baik, termasuk dalam mengoptimalkan kompetensi profesional guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi media sistem Dapodik dan strategi pengelolaan yang dilakukan oleh kepala sekolah berkontribusi dalam meningkatkan kualitas lembaga PAUD. Data yang terdapat dalam Dapodik menjadi landasan untuk mendapatkan dana bantuan operasional yang dapat digunakan dalam pengembangan kompetensi guru. Pengembangan kompetensi guru PAUD sebaiknya difokuskan pada guru yang belum memenuhi standar kompetensi, dengan melibatkan pelatihan, program kelanjutan studi, dan model pembelajaran yang relevan. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak terkait, seperti kepala sekolah dan pemerintah daerah, untuk terus mendorong penggunaan sistem Dapodik dalam pengelolaan data lembaga PAUD. Selain itu, kolaborasi antara kepala sekolah, guru, dan pemerintah daerah juga perlu ditingkatkan guna mendukung pengembangan kompetensi profesional guru PAUD. Dengan demikian, diharapkan kualitas pendidikan anak usia dini di Kabupaten Mojokerto dapat terus ditingkatkan melalui optimalisasi kompetensi profesional guru PAUD.
Kata kunci: Profesional, Guru PAUD, Dapodik.
Unduhan

