PENERAPAN PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA IPA TERPADU TIPE WEBBED DENGAN TEMA ”MAKANAN DAN KESEHATAN” DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 JOMBANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini mencoba menerapkan suatu metode pembelajaran yang digunakan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran langsung dengan menggunakan IPA terpadu tipe webbed terhadap hasil belajar siswa pada tema makanan dan kesehatan di kelas VIII SMP Negeri 2 Jombang. Metode dalam peneliti an ini adalah penelitian pre- eksperimental dengan Pre-test and Post-test Group Design. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik Random Sampling sehingga diperoleh kelas VIII G. Hasil post-test yang diperoleh dilakukan uji hipotesis kemudian dianalisis dengan uji-t. Dari hasil analisis uji-t berpasangan pada kelas VIII Gdidapatkan thitungdengan α =0,05 sebesar 13,23 dengan ttabel sebesar 2,00. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan antara pretest dan posttestkarena (thitung > ttabel). Dari penelitian yang dilakukan sebesar 100% siswa kelas VIII G tuntas dalam materi pembelajaran tema makanan dan kesehatan yang menggunakan model pembelajaran langsung. Kesimpulannya bahwa model pembelajaran langsung berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada tema makanan dan kesehatan di kelas VIII G SMP Negeri 2 Jombang, sehingga model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif untuk menyampaikan materi IPA.
Kata kunci: Pembelajaran Langsung, IPA Terpadu, Tipe Webbed, Hasil Belajar Siswa, Makanan dan Kesehatan.
Abstract
This research tried to apply directly influence the application of learning models by using an integrated IPA webbed type on result of learning students on the food and health theme in class VIII SMP Negeri 2 Jombang. The draft study Pre-test and Post-test Group Design. Sampling study conducted using random sampling techniques to obtain class VIII G.Results obtained post-test to test the hypothesis and then analyzed by t-test. From the analysis, paired t-testat the eighth grade G obtained tcwith α= 0.05 at 13.23 with a tt at 2.00. This shows the difference between pretest and posttest for (tc>tt). From research conducted at 100% G completed eighth grade students in the learning materials and health food theme that uses direct instruction models. In conclusion model direct instruction positive effect on result of learning students in class VIIIG SMP Negeri 2 Jombang, so the learning model can be used as an alternative to deliver material science.
Keywords: Direct Instruction, IntegratedScience, Webbed Type, Result of Learning Student, Food and Health.
PDF Downloads: 51