PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS MELALUI PEMBELAJARAN INDUKTIF MATERI ALIRAN ENERGI DALAM EKOSISTEM DI KELAS VII

  • AYU IDA IDA NURFADILLA Prodi Pendidikan Sains FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mengenai penggunaan media grafis melalui pembelajaran Induktif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengelolaan pembelajaran, hasil belajar serta respon siswa setelah pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian ini ialah pre eksperimental dengan menggunakan rancangan penelitian pretest and posttest group. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 6 Surabaya tahun ajaran 2012-2013 yang terdiri atas 29 siswa. Data yang diperoleh berupa hasil pengelolaan pembelajaran, hasil pretest yang berdistribusi normal dengan nilai signifikansi normalitas dari hasil SPSS sebesar 0,097 dan hasil posttest serta angket respon siswa. Data ini dianalisis secara deskriptif yang dilanjutkan dengan analisis inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil pengelolalan pembelajaran dalam kategori baik. Terdapat perbedaan dari hasil belajar siswa saat pretest dan posttest dengan taraf signifikansi dari uji t berpasangan pada SPSS sebesar 0,000. Siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap penggunaan media grafis melalui pembelajaran Induktif pada materi Aliran Energi dalam Ekosistem.

Kata Kunci: Media Grafis, Pembelajaran Induktif, Aliran Energi Ekosistem

Abstract

This research about the use of graphic media through inductive learning that aims to describe the result of management of learning, learning outcomes and student response after learning process has been conducted. Type of this research  is pre experimental research using a pretest and posttest group research design. The research subjects are students of class VII-B SMP Muhammadiyah 6 Surabaya 2012-2013 which consist of 29 students. Data obtained in this research are the results of learning management, normal distributed pretest results with a significance value of SPSS at 0.097, posttest results and students questionnaire responses. Data was descriptively analyzed, continued by inferential analysis. The results of data analysis showed that the management of  learning was good. There is a difference in students pretest and posttest with a significance value from a paired t-test of SPSS at 0,000. Students responded very well to the use of graphic through inductive learning in Flows energy in Ecosystem’s material.

Keywords: Graphic media, Inductive Learning, Flows Energy in Ecosystem.
Published
2013-01-30
How to Cite
IDA NURFADILLA, A. (2013). PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS MELALUI PEMBELAJARAN INDUKTIF MATERI ALIRAN ENERGI DALAM EKOSISTEM DI KELAS VII. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/1339
Section
Articles
Abstract Views: 128
PDF Downloads: 148