PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE SHARED DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (PEMBAGIAN PENCAPAIAN TIM SISWA) PADA TEMA SENTER PLASTIK

  • ROSA DIANA SYIFAUL DIANA SYIFAUL QOLBIYAH Prodi Pendidikan Sains FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian yang berjudul Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Shared dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Pembagian Pencapaian Tim Siswa) pada Tema  Senter Plastik yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Baureno bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan IPA Terpadu Tipe Shared dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada tema Senter Plastik terhadap keterlaksanaan RPP, aktivitas siswa, aktivitas guru, hasil belajar, dan respon siswa. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian pre eksperimental design ini menggunakan satu kelas yaitu kelas VIII A sebagai sampel. Data yang diperoleh berupa keterlaksanaan RPP, aktivitas siswa, aktivitas guru,dan respon siswa. Berdasarkan data yang diperoleh didapatkan hasil belajar siswa yang dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji t. Dari hasil uji normalitas diperoleh Lo hitung sebesar 0.1419 lebih kecil daripada Ltabel  sebesar  0.152.  Perhitungan ini diperoleh dari nilai pre test dan dapat dikatakan bahwa sampel berdistribusi normal. Dari hasil uji t diperoleh t hitung sebesar 17.6803 lebih besar daripada t tabel  sebesar  1.692 dengan  taraf signifikansi α = 0.05 dan n = 34.  Perhitungan ini diperoleh dari nilai pre test dan post test. Dan dapat dikatakan bahwa perbedaan pre test dan post test adalah signifikan. Ketuntasan hasil belajar siswa dengan menerapkan IPA Terpadu tema Senter Plastik di SMP Negeri 1 Baureno mencapai 94.12%.  Dari hasil pengamatan diperoleh Keterlaksanaan RPP terlaksana 100%. Aktivitas Siswa yang paling dominan dalam pembelajaran yaitu aktivitas mengerjakan LKS dalam kelompok belajar. Aktivitas guru yang paling dominan dalam pembelajaran yaitu aktivitas membimbing siswa mendapatkan informasi melalui diskusi dan percobaan. Dari hasil angket diperoleh dari 10 pernyataan mendapatkan kategori amat baik dan baik. Secara keseluruhan siswa merasa lebih mudah memahami materi IPA Terpadu dengan persentase mencapai 94.12%

Kata kunci : IPA Terpadu Tipe Shared dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Tema  Senter Plastik

Abstract

The tittle’s  research is Implementation of the Integrated Science Study Shared Learning with Cooperative Learning Model Type of Student Team Achievement Division (Division of Student Achievement Team) on the theme Flash light Plastic implemented in SMP Negeri 1 Baureno aims to describe the application of Integrated Science Shared Type type STAD cooperative model on a theme Plastic flashlight to implementation lesson plans, student activities, teacher activities, learning outcomes, and student responses. Pre-experimental research design using one class ie class VIII A as a sample. Data obtained in the form of student learning outcomes from students' test results. Implementation lesson plans, student activities, activities of teachers, Student responses. Based on data obtained obtained student learning outcomes were analyzed using normality test and t test. From the test results obtained by Lo count normality of 0.1419 is smaller than Ltabel of 0152. This calculation is derived from the value of pre-test and it can be said that the sample is normally distributed. From the results obtained by t test t count equal to 17.6803 bigger than t table for 1692 with a significance level α = 0.05 and n = 34. This calculation is derived from the value of pre test and post test. And it can be said that the difference in pre-test and post-test is significant. Mastery of student learning outcomes by implementing IPA Integrated theme Flashlight Plastic in SMP Negeri 1 Baureno reached 94.12%. From the observations obtained implementation lesson plans implemented 100%. Students are the most dominant activity in the learning activity worksheets work in study groups. The most dominant activity of teachers in learning activities that guide students to get the information through discussion and experimentation. From the results of the questionnaire obtained from 10 statements get very good and good categories. Overall the students were delighted with the integrated science reached 94.12%.

Keywords : the Integrated Science Study Shared Learning with Cooperative Learning Model Type Of  STAD on the theme Flash light Plastic

Published
2013-01-30
How to Cite
DIANA SYIFAUL QOLBIYAH, R. (2013). PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE SHARED DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (PEMBAGIAN PENCAPAIAN TIM SISWA) PADA TEMA SENTER PLASTIK. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/1343
Section
Articles
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 56