PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED TEMA TERCEMARKAH AIRKU DI KELAS VII SMP

  • NOPY WIDIAN WIDIAN NINGSIH Prodi Pendidikan Sains FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA terpadu tipe webbed tema tercemarkah airku kelas VII SMP, mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar siswa dan mendeskripsikan respon siswa yang belajar dengan menggunakan perangkat pembelajaran tersebut. Dengan Four-D Model, yaitu define, design, develop dan disseminate. Dari 16 siswa di SMP Negeri 1 Mojosari Mojokerto; Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan mendapatkan kelayakan sebesar 87,02% dengan kategori sangat layak, keterlaksanaan pembelajaran sebesar 92,50% dengan kategori sangat baik, ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 87,50%. Respon siswa sebesar 96,75% dengan kategori sangat merespon. Mayoritas siswa merasa senang dengan pembelajaran IPA terpadu. Hal-hal yang membuat IPA Terpadu tersebut menyenangkan antara lain: banyak kegiatan praktik, siswa mendapat kesempatan kerja kelompok, diberi kesempatan mengeluarkan pendapat/bertanya/diskusi, memperoleh hal-hal baru dalam belajar, semakin mengerti kaitan IPA dengan kehidupan sehari-hari, serta siswa merasa IPA semakin mudah dipahami.

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Webbed, Model Four-D, Tercemarkah Airku

 

Abstract

This research is design to develop learning material of integrated science type webbed theme is my water polluted class VII for Junior High School, to describe the implementation of learning, to desribe the completeness of learning result, and to describe the student responses. This is a development research applying Four-D models consisting of 4 steps: define, design, develop and disseminate applied to 16 students of SMP Negeri 1 Mojosari Mojokerto. The result shows that the validity was valid (87,02%) with category is very high, with response was positive from most students (96,75%). Furthermore, Integrated Science Learning creates fun because students can practise a lot, work in group, share ideas, get new information, understand how science and real life are related.

Keywords: Learning material of integrated science type webbed, Four-D model, Is Mywater Polluted
Published
2013-01-30
How to Cite
WIDIAN NINGSIH, N. (2013). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED TEMA TERCEMARKAH AIRKU DI KELAS VII SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/1344
Section
Articles
Abstract Views: 237
PDF Downloads: 397