KELAYAKAN MEDIA EFEK RUMAH KACA BERORIENTASI  SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

  • UTARI YULIA ARISKA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kelayakan teoritis Media Peraga Efek Rumah Kaca berorientasi Scientific Approach, berdasarkan hasil validasi; 2) Mendeskripsikan kelayakan empiris Media Peraga Efek Rumah Kaca berorientasi Scientific Approach berdasarkan keterlaksanaan aktivitas 5M siswa, hasil belajar dan respon siswa. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan ASSURE. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain One-Shot Case Study. Media diujicobakan pada 15 siswa kelas VII I SMP Negeri 1 Mojokerto tahun ajaran 2015/2016 yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data juga diperoleh melalui observasi, angket dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Media Peraga Efek Rumah Kaca berorientasi Scientific Approach dinyatakan sangat layak secara teoritis berdasarkan hasil validasi dengan persentase sebesar 92,5%. Media juga dinyatakan sangat layak secara empiris berdasarkan keterlaksanaan aktivitas 5M siswa dengan persentase sebesar 95,98%; ketuntasan sikap siswa sebesar 95%, ketuntasan keterampilan siswa sebesar 97,5%; ketuntasan pengetahuan siswa sebesar 86,6% dan hasil respon siswa dengan persentase sebesar 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Media Peraga Efek Rumah Kaca berorientasi Scientific Approach pada Materi Pemanasan Global dikatakan sangat layak secara teoritis dan empiris.

Kata Kunci: Efek Rumah Kaca, Media Peraga, Scientific Approach.

Published
2016-05-12
How to Cite
YULIA ARISKA, U. (2016). KELAYAKAN MEDIA EFEK RUMAH KACA BERORIENTASI  SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/14909
Abstract Views: 116
PDF Downloads: 133