PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA

Authors

  • FARISTYA PUTRI ALVIANA ZAHROH

DOI:

https://doi.org/10.26740/pensa.v4i02.14910

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains siswa setelah diterapkan model pembelajaran guided inquiry pada materi Suhu dan Perubahannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental dengan rancangan penelitian One Group Pre-test Post-test Design. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa Kelas VII-D SMP Negeri 6 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes dengan instrumen penelitian yaitu lembar soal pre-test dan post-test keterampilan proses sains dan lembar pengamatan keterampilan proses sains. Data yang diperoleh dianalisis denganĀ  menggunakan Uji-t berpasangan dan Uji N-Gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah diterapkan model pembelajaran guided inquiry pada materi Suhu dan Perubahannya yaitu dari rata-rata nilai pre-test sebesar 39 meningkat pada post-test menjadi 72 dengan ketuntasan klasikal pada post-test sebesar 84%. Keterampilan proses sains tiap aspek juga mengalami peningkatan dari hasil pre-test dan post-test yaitu dari 39,87% menjadi 71,44%. Peningkatan keterampilan proses sains siswa tersebut dikategorikan sedang dengan perolehan indeks gain skor sebesar 0,54.

Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Guided Inquiry.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-05-12

How to Cite

PUTRI ALVIANA ZAHROH, F. (2016). PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA. PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS, 4(02). https://doi.org/10.26740/pensa.v4i02.14910
Abstract views: 216 , PDF Downloads: 302