PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA

  • FARISTYA PUTRI ALVIANA ZAHROH

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains siswa setelah diterapkan model pembelajaran guided inquiry pada materi Suhu dan Perubahannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental dengan rancangan penelitian One Group Pre-test Post-test Design. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa Kelas VII-D SMP Negeri 6 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes dengan instrumen penelitian yaitu lembar soal pre-test dan post-test keterampilan proses sains dan lembar pengamatan keterampilan proses sains. Data yang diperoleh dianalisis denganĀ  menggunakan Uji-t berpasangan dan Uji N-Gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah diterapkan model pembelajaran guided inquiry pada materi Suhu dan Perubahannya yaitu dari rata-rata nilai pre-test sebesar 39 meningkat pada post-test menjadi 72 dengan ketuntasan klasikal pada post-test sebesar 84%. Keterampilan proses sains tiap aspek juga mengalami peningkatan dari hasil pre-test dan post-test yaitu dari 39,87% menjadi 71,44%. Peningkatan keterampilan proses sains siswa tersebut dikategorikan sedang dengan perolehan indeks gain skor sebesar 0,54.

Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Guided Inquiry.

Published
2016-05-12
How to Cite
PUTRI ALVIANA ZAHROH, F. (2016). PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/14910
Abstract Views: 157
PDF Downloads: 179