PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PESAWAT SEDERHANA DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR

  • KHUSNIA KURIL JANAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh penggunaan alat peraga pesawat sederhana dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar. Desain yang digunakan yaitu Pre Experiment Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 8 MTsN Pucanglaban Tulungagung yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas 8A, 8B, dan 8C yang berdistribusi normal dan homogen. Hasil belajar siswa aspek pengetahuan mengalami peningkatan secara signifikan dengan hasil uji t= 2,08 untuk kelas 8C, t=3,09 untuk kelas 8A, t=2,09 untuk kelas 8B yang menunjukkan thitung>ttabel. Peningkatan <g>=0,71 dengan kriteria tinggi untuk kelas 8C, <g>=0,66 dengan kriteria sedang untuk kelas 8A, <g>=0,61 dengan kriteria sedang untuk kelas 8B, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga pesawat sederhana pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan.

Kata kunci: alat peraga, pesawat sederhana

Published
2016-05-16
How to Cite
KURIL JANAH, K. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PESAWAT SEDERHANA DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/14969
Abstract Views: 262
PDF Downloads: 262