KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA

  • Kirana Widya Hariapsari
  • Kirana Widya Hariapsari

Abstract

Literasi sains merupakan kemampuan membuat keputusan terkait isu-isu ilmiah yang berkembang dan fenomena ilmiah yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Materi suhu dan perubahannya sangat berkaitan dengan isu-isu dan fenomena ilmiah yang ada dalam kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketercapaian kemampuan literasi sains siswa pada materi suhu dan perubahannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental design dengan rancangan penelitian one group pretest posttest design dan subjek penelitian kelas VII SMP Negeri 1 Cerme. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar tes literasi sains siswa. Metode analisis data peningkatan kemampuan literasi sains menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan ketercapaian kemampuan literasi sains siswa saat pretest berada pada level 1 dan 2, serta mengalami peningkatan saat posttest berada pada level 2, 3, dan 4. Perolehan N-Gain aspek konteks, kompetensi, dan pengetahuan sains berkategori sedang dan N-Gain aspek sikap berkategori rendah. Pembelajaran untuk melatihkan kemampuan literasi sains diperlukan adanya bacaan ilmiah yang lebih banyak.

Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Literasi Sains, Materi Suhu dan Perubahannya

Published
2016-05-16
How to Cite
Widya Hariapsari, K., & Widya Hariapsari, K. (2016). KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/14970
Abstract Views: 179
PDF Downloads: 193