KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP NEGERI 21 SURABAYA PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA

  • LILIS IREN TANTIA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa SMP Negeri 21 Surabaya pada materi kalor dan perpindahannya. Keterampilan proses sains siswa ditinjau dari 1) Capaian keterampilan proses sains dan 2) Respon siswa selama pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre experimental dengan menggunakan satu kelas perlakuan, yaitu kelas VII-D. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre eksperimental dengan rancangan penelitian one group pre-test-post-test design dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan: 1) Capaian keterampilan proses sains untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan. Nilai keterampilan proses sains awal siswa berdasarkan nilai pre-test adalah 1,19 dengan persentase tidak tuntas 100%. Pada post-test, mengalami peningkatan menjadi 2,94 dengan persentase tuntas 100%. Rata-rata N-Gain untuk peningkatan keterampilan proses sains diperoleh sebesar 0,57 dengan kategori sedang dan, 2) Respon siswa setelah pembelajaran tergolong “baik sekali” dengan persentase rata-rata siswa yang memberikan respon positif sebesar 89,50%.

Kata kunci : Keterampilan Proses Sains, Melatihkan, Kalor dan Perpindahannya

Published
2016-05-16
How to Cite
IREN TANTIA, L. (2016). KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP NEGERI 21 SURABAYA PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/14972
Abstract Views: 119
PDF Downloads: 99