MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI CAHAYA

  • JANNATIN ALIYAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) keterlaksanaan pembelajaran, (2) aktivitas siswa, (3)peningkatan hasil belajar, dan (4)respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif. Jenis penelitian  ini adalah pre experimental design dan rancangan penelitian menggunakan one group pretest-posttest design.  Penelitian ini dilakukan pada 39 siswa. Peneliti melakukan penelitian setelah perangkat (silabus, RPP, LKS, dan soal) dikatakan layak digunakan oleh 3 validator. Hasil data penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD bahwa telah terlaksana 100% dengan skor rata-rata 3,63 kategori sangat baik. (2) Aktivitas yang dilakukan siswa rata-rata melakukan aktivitas sesuai pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan baik dan sesuai dengan keterampilan kooperatif tingkat menengah seperti bekerjasama dan berdiskusi dalam kelompok, menghargai pendapat teman, mendengarkan dengan aktif, bertanya, mengemukakan pendapat dan mengerjakan soal kuis dengan sungguh-sungguh dan jujur. (3) Peningkatan pemahaman konsep sangat baik dengan hasil perhitungan uji N-Gain menunjukkan 75% siswa dalam kriteria tinggi dan 25% kriteria sedang, sedangkan ketuntasan secara klasikal mencapai 91,67% setelah pembelajaran kooperatif. (4) Siswa memberikan respons positif yang sangat baik terhadap model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan presentase siswa yang memberikan respon positif sebesar 94%.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Materi Cahaya, Pemahaman Konsep.

Published
2016-05-16
How to Cite
ALIYAH, J. (2016). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI CAHAYA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/14994
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 125