KELAYAKAN KIT PRAKTIKUM SEDERHANA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI LISTRIK STATIS

  • LAILATUL AHADIA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media kit praktikum sederhana pada materi listrik statis yang layak berdasarkan aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan desain  instruksional ASSURE. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IX SMP dengan desain penelitian one group pretest –posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kit praktikum sederhana yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan aspek validitas ditinjau dari hasil penilaian para validator dengan rata-rata persentase sebesar 93,94% dengan kriteria sangat layak. Kelayakan kit praktikum berdasarkan aspek kepraktisan menunjukkan bahwa hasil observasi guru diperoleh persentase rata-rata sebesar 86,8% dengan kriteria sangat baik dan didukung oleh hasil observasi aktivitas siswa selama menggunakan alat-alat yang ada dalam kit dengan persentase sebesar 26,1% serta hasil angket respon siswa diperoleh persentase dengan rata-rata sebesar 77,8% dengan kriteria baik. Kelayakan kit praktikum berdasarkan aspek keefektifan diperoleh dari hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa 100% siswa tuntas pada ranah sikap dan keterampilan, sedangkan pada ranah pengetahuan diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,19 dengan 100% siswa tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kit praktikum sederhana pada materi listrik statis dinyatakan layak berdasarkan aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan.

Kata Kunci: kit praktikum sederhana, validitas, kepraktisan, kefektifan

Published
2016-05-16
How to Cite
AHADIA, L. (2016). KELAYAKAN KIT PRAKTIKUM SEDERHANA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI LISTRIK STATIS. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/15002
Abstract Views: 175
PDF Downloads: 207